Polres Simalungun Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat menyematkan tanda saat apel gelar pasukan dan suasana rapat koordinasi.

Simalungun, Lintangnews.com | Dalam rangka membahas kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H di wilayah Kabupaten Simalungun, Polres Simalungun dan masing-masing instansi menggelar rapat koordinasi (rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun Pematang Raya, Selasa (28/5/2019).

Rakor itu untuk melihat kesiapan masing-masing instansi dalam menghadapi menjelang, pada saat dan setelah hari Raya Idul Fitri 1440 H yang diberi sandi  Operasi Ketupat Toba 2019 yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Mei-10 Juni 2019 (13 hari) secara serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, dalam sambutannya mengharapkan kepada masing-masing instansi agar mendukung dan mempersiapkan sarana dan prasarana.

“Termasuk dapat mendukung membantu Polres Simalungun dalam pelaksanaan pengamanan. Sehingga pelaksanaan perayaan hari Raya Idul Fitri 1440 H di wilayah Simalungun dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” paparnya.

Lanjutnya, Polres Simalungun akan mengadakan atau mendirikan 9 Pos dengan perincian 8 Pos Pengamanan (Pospam) yakni Pospam Jalan Medan-Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok, Pospam Sipef Kecamatan Gunung Malela, Pospam Perlanaan Kecamatan Bandar, Pospam Simpang Tangsi Kecamatan Tanah Jawa, Pospam Simpang Palang Kecamatan Dolok Panribuan, Pospam Pelabuhan Tiga Ras Kecamatan Dolok Pardamean, Pospam Saribu Dolok Kecamatan Silimakuta, Pospam Bukit Indah Simarjarunjung Kecamatan Dolok Pardamean dan 1 (satu) Pos Pelayanan (Posyan) yang terletak di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 yang dilaksanakan Polres Simalungun.

Di masing-masing Pospam, selain personil Polres Simalungun, akan dibantu dari instansi terkait yaitu POM/Kodim 0207/Simalungun, Brimob Sub Den II Pematang Siantar, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Pramuka.

Kapolres juga menyampaikan, adanya pengalihan arus di Kota Wisata Parapat dilakukan dengan situasional (stagnan). Ini guna pengalihan arus itu untuk kepentingan masyarakat umum dan selama pelaksaanaan pengamanan Lebaran 1440 H, personil Polres Simalungun tidak diberikan cuti ataupun ijin.

Adapun ketelibatan personil Polres Simalungun dalam Operasi Ketupat Toba 2019 sebanyak 454 orang dan instansi terkait yakni TNI 18 orang, pemadam 15 orang, Dinas PU 4 orang, Satpol PP 18 orang, Dishub 18 orang, Dinkes 18 orang dan Pramuka 18 orang.

Turut hadir dalam rakor itu yakni, Bupati Simalungun diwakili Kadis Perhubungan, Dandim 0207 Simalungun diwakili Pasi Ops Kodim 0207 Simalungun, Dandenpom I / I Pematang Siantar, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, Badan Usaha, Perusahaan Swasta, KMP Sumut I dan II, Pertamina, PLN Siantar, Polres Siantar yang diwakili Kasat Lantas, Sat Lantas Polres Samosir, para Kabag, Kasat dan seluruh Kapolsek sejajaran Polres Simalungun.

Polres Simalungun bersama stake holder terkait siap melaksanakan pengamanan perayaan Idul Fitri 1440 H di Wilayah Kabupaten Simalungun. (rel/zai)