Polres Simalungun Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI), Haryono.

Simalungun, Lintangnews.com | Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Polres Simalungun menggelar upacara di Lapangan Apel Polres Simalungun Pematang Raya, Sabtu (1/6/2019).

Kapolres, AKBP Marudut Liberty Panjaitan selaku inspektur upacara (irup) memimpin langsung upacara yang dihadiri seluruh Kabag, Kasat, Kapolsek, para Perwira, Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Simalungun.

Dalam rangkaian upacara, usai mengheningkan cipta yang dipimpin Kapolres, dilanjutkan pembacaan UUD 1945 yang dibacakan Ipda AS Damanik. Dan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila dibacakan Ipda Rudi Junaidi.

Kapolres saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI), Hariyono menyebutkan, Pancasila mampu menyatukan semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan membagikan paket Lebaran usai upacara Hari Lahir Pancasila.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa (TYME) buat Bangsa Indonesia,” sebut Kapolres.

Lanjutnya, peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil pada tanggal 22 Juni. Selanjutnya, pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Ketiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Dengan merayakan Hari Lahir Pancasila kita bangun bersama dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 kali ini, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” papar AKBP Marudut.

Usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dilanjutkan dengan penyerahan paket lebaran oleh Kapolres didampingin Ketua Bhayangkari kepada perwakilan purnawirawan Polri, Perwira, Bintara, ASN, Sat Lantas, Sat Intel dan Sat Reskrim serta insan pers. (rel/zai)