Polres Taput Berhasil Jaring Pemakai Knalpot Blong dan Balap Liar

Razia knalpot blong dan balap liar yang dilakukan Polres Taput.

Taput, Lintangnews.com | Usai menjadi sorotan akibat membuat keresahan warga, para pengguna sepeda motor dengan knalpot blong dan balap liar berhasil diamankan Polres Tapanuli Utara (Taput).

Kapolres Taput, AKBP Muhammad Saleh melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing membenarkan hal tersebut.

Ia menjelaskan, balap liar dan pengguna sepeda motor dengan knalpot blong ini kerap meresahkan warga. Hal ini membuat ketenangan warga saat istirahat di rumah menjadi terganggu.

“Akibat membuat keresahan, kita melakukan razia khusus pada malam hari untuk balap liar dan pengguna knalpot blong,” sebutnya, Minggu (24/1/2021).

Razia gabungan yang dilaksanakan, Sabtu (23/1/2021) sekira pukul 23.00 WIB itu berhasil menjaring 19 orang terlibat balap liar yang terorganisir secara illegal,  dan pengguna sepeda motor dengan knalpot blong.

Razia dipimpin langsung Kabag Ops, Kompol H Sihombing di wilayah Kecamatan Tarutung, Siatas Barita dan Sipoholon mulai dari mulai pukul 23.00 WIB hingga dini hari.

“Yang terjaring razia langsung diamankan ke Polres Taput. Kita mengidentifikasi kendaraan apakah sesuai STNK dengan nomor polisi (nopol), nomor mesin dan nomor rangka masing-masing kendaraan, serta SIM bagi pengendaranya,” papar Aiptu W Baringbing.

Seluruh pengendara yang diamankan dilakukan pembinaan dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatanya sebelum dipulangkan. Sedangkan sepeda motor masih ditahan, karena perbuatan pelanggaran terhadap Undang-Undang (UU) Lalu Lintas, sehingga dilakukan penilangan.

Setelah nantinya tilang itu sudah disidangkan, baru sepeda motor bisa diambil dari Polres Taput, namun tetap akan mengganti knalpot blong dengan knalpot standard.

“Kita menghimbau kepada seluruh pemilik sepeda motor, mari turuti aturan, serta saling menjaga perasaan orang lain. Khususnya kepada orang tua, mari kita nasehati anak-anak agar tidak sesuka-sukanya mengganti knalpot sepeda motor,” papar Aiptu W Baringbing.

Dia menuturkan, razia ini akan rutin dilakukan. Dan Polsek-Polsek juga akan terlibat untuk menindak lanjuti di setiap wilayah masing-masing. (Gihon)