Polres Taput Lakukan Tindakan Penanggulangan Cepat di 3 Titik Longsor

Salah satu lokasi longsor yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara.

Taput, Lintangnews.com | Guyuran hujan deras di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengakibatkan tebing gunung di pinggir jalan umum menuju Kecamatan Parmonangan dan Kecamatan  Sipahutar mengalami longsor, Rabu (13/1/2021).

Akibatnya, jalan umum menuju kedua Kecamatan itu tertimbun. Ini membuat kendaraan yang melintas sempat tersendat.

Kapolres Taput, AKBP Muhammad Saleh melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing membenarkan hujan deras mengakibatkan akses jalan menuju Kecamatan Parmonangan dan Sipahutar sempat terputus.

“Longsor terjadi Rabu (13/1/2021) sekira pukul 17.00 WIB, tepatnya di Desa Horijon Ranggit, Kecamatan Parmonangan. Jalan umum tertimbun tanah longsor tebing sekitar 5 meter,” paparnya, Kamis (14/1/2021).

Saat kejadian, petugas Bhabinkamtibmas, Aipda James Siallagan pro aktif dan langsun turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), termasuk berkordinasi pada Kepala Desa (Kades) dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) secara bersama-sama bergerak dan langsung melakukan penanganan. Termasuk meminta bantuan kepada PT Toba Pulp Lestari Tbk. Pihak PT TPL menurunkan alat berat hingga malam hari dan arus lalu lintas pun bisa dilalui.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Sidagal, Kecamatan Siatas Barita. Akses jalan umum menuju Kecamatan Sipahutar tertimbun tanah longsor, sehingga terputus total.

Bhabinkamtibmas, Bripka E Sitanggang langsung turun ke TKP dan melakukan pengendalian. Forkopimcam Siatas Barita langsung menghubungi alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Taput pun turun dan jalan bisa dibersihkan hingga malam harinya. Jalur lalu lintas pun mulai lancar.

“Kita tetap melakukan pemantauan, dimana saat ini cuaca musim penghujan. Kedua jalan yang tertimbun longsor kemarin sudah terkendali dan kendaraan mulai lancar melintas,” ucap Aiptu W Baringbing.

Pihaknya juga menghimbau pengguna jalan khususnya di Taput, tetap waspada dan hati-hati, karena saat ini musim penghujan. Ditambah lagi wilayah Taput merupakan daerah pegunungan. (Gihon)