Pemkab Humbahas Mulai Vaksinasi Covid-19 Bulan Februari 2021

Kantor Dinas Kesehatan Pemkab Humbang Hasundutan.

Humbahas, Lintangnews.com | Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) akan melakukan vaksinasi Covid-19 pada bulan Februari mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab Humbahas, Hasudungan Silaban kepada awak media mengatakan, vaksin masih di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan jadwal turun ke daerah itu belum ada kepastian.

Selain jadwal, jumlah dan tanggalnya juga belum dapat dipastikan. Namun, menurut dia, Provinsi (Pemprovsu) merencanakan vaksinasi turun ke Humbahas pada bulan Februari.

“Kita masih menunggu kabar dari Provinsi lae. Rencana vaksinasi di Humbahas di bulan Februari, tanggalnya belum dipastikan,” ucapnya melalui pesan singkat, Kamis (14/1/2021).

Disinggung berapa jumlah tenaga kesehatan divaksin dan pejabat publik yang divaksin, Hasudungan belum bisa memberikan kepastinan. Ini termasuk umur berapa yang bisa divaksin, apakaha benar bagi ibu hamil dan warga yang memiliki penyakit penyerta apakah tidak masuk dalam sasaran pemberian vaksin.

Begitu juga saat ditanyakan apakah benar warga terinfeksi Covid-19 juga tidak masuk dalam sasaran pemberian vaksin dan berapa titik nanti tempat fasilitas pelayanan kesehatan akan menjadi tempat vaksinasi di Humbahas. Selanjutnya, petugas kesehatan yang akan melaksanakan vaksinasi, apakah mereka sudah dilatih.

“Nanti akan kita rilis lae melalui kominfo ya lae. Sabar ma lae, alana sonari tetap dope hami koordinasi dohot Dinkes Provinsi terkait pelaksanaan vaksinasi nanti di Humbang.. mauliate,” tulis Hasudungan.

Terpisah, Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Humbahas, Pasu Munthe mengajak masyarakat mendukung pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, ini karena vaksinasi merupakan salah satu cara untuk menghentikan pandemi Covid-19 yang dampaknya begitu luas di masyarakat. Kemudian, vaksinasi merupakan harapan baru agar semua orang bisa terhindar dan akhirnya kebal dari wabah Virus Corona.

Pasu menuturkan, dirinya bersama pengurus AMPI Humbahas menyatakan siap menerima vaksin Covid-19. “Saya dan semua pengurus siap untuk divaksin guna mencegah penularan Covid-19,” kata Pasu melalui sambungan telepon seluler.

Pasu mengatakan, kesiapan dirinya divaksin bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar tidak merasa takut untuk divaksin. “Saya harapkan masyarakat Humbahas tak ada yang menolak divaksin. Namun sebelum turun vaksin Covid-19 agar tetap selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes),” paparnya. (DS)