Polres Tobasa akan Antisipasi Arus Lalu Lintas Jelang Pemilu 2019

Kapolres AKBP Agus Waluyo.

Tobasa, Lintangnews.com | Mengingat sebagai jalan lintasan menuju Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasundutan (Humbahas), Sibolga bahkan Tapanuli Tengah (Tapteng), kemungkinan besar Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) akan padat.

Ini diprediksi dengan mudiknya para mahasiswa-mahasiswi dari Kota Medan untuk mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019.

Terkait hal itu, Kapolres AKBP Agus Waluyo menuturkan, akan mengkondisikan personilnya untuk mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi di Jalinsum wilayah hukum Polres Tobasa.

“Ada baiknya jika kita melakukan persiapan dengan pengamanan jalur di sejumlah titik Jalinsum di wilayah hukum Polres Tobasa. Mungkin saja ribuan mahasiswa akan mudik ke Tobasa, Taput, Humbahas bahkan Sibolga dan Tapteng,” sebut AKBP Agus, Jumat (12/4/2019).

Dirinya juga mengajak Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) agar melakukan persiapan menjelang liburan pelaksanaan Pemilu 2019.

Sebab, “Besar kemungkinan tiga hari sebelum Pemilu biasanya Arus mudik akan padat , agar arus   lalulintas aman dan terkendali, mengingat  ada ribuan mahasiswa dan perantau yg diperkirakan pulang kampung bukan hanya ke Tobasa, tetapi ke Taput, Humbahas bahkan Sibolga dan Tapteng.

Menyangkut armada pengangkut  logistik melintasi Jalinsum di Tobasa, AKBP Agus menuturkan, Sat Lalu Lintas dan jajaran Polsek akan mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan dan daerah rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Pihaknya juga akan mengajak  instansi terkait seperti Dishub dan lainnya bersama-sama mengantisipasi arus lalu lintas. (asri)