Renaldi Naibaho, Pensiun dari ASN Demi Mewakafkan Diri Perjuangkan Masyarakat

Renaldi Naibaho.

Samosir, Lintangnews.com | Terjun ke gelanggang politik di saat orang-orang apatis terhadap politik, bukanlah perkara gampang. Ibarat pengembara yang berteriak-teriak di tengah padang pasir dan tidak bakalan didengar.

Tetapi di Kabupaten Samosir, ada seorang Calon Legislatif (Caleg) tidak patah arang. Bahkan ia rela pensiun muda dari Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewakafkan dirinya memperjuangkan hak rakyat.

Renaldi Naibaho menanggalkan seragam ASNnya untuk terjun ke dunia politik dan maju menjadi Caleg DPRD Kabupaten Samosir melalui PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) I yakni, Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta.

Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 17 April 2019 yang tinggal 6 hari lagi, Dua Belas B sapaan akrabnya mengaku membawa misi besar. Tak hanya merebut kursi wakil rakyat, tetapi juga penyadaran politik dan membangun gerakan rakyat. Kalau dirinya berhasil terpilih nanti, maka posisinya sebagai wakil rakyat akan diperuntukkan untuk perjuangan rakyat.

Renaldi menyadari untuk mendapat jatah kursi di DPRD Samosir tidak mudah. Dirinya pun harus berhadapan dengan sebuah arena tarung bebas antara mereka yang bermodal.

Kendatipun demikian bungsu dari 12 bersaudara ini tidak pernah berpikir untuk mundur dengan alasan mendapat dukungan penuh dari keluarga besarnya,  masyarakat  Desa Tanjung Bunga sebagai basis pendukung utama dan sahabat.

Suami dari Resmin Situmorang ini mengaku, bekal terbesar baginya untuk maju sebagai Caleg adalah dukungan yang luar biasa dari masyarakat Tanjung Bunga sebagai tanah kelahirannya.

“Dorongan dari masyarakat Desa Tanjung Bunga dan Kelurahan Siogung-ogung yang masuk 10 besar jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Dapil I menjadi modal utama untuk maju Caleg DPRD Samosir,” jelas sebut Renaldi.

Meskipun mendapat dukungan dari Desa Tanjung Bunga dan Kelurahan Siogung-ogung sebagai basis pendukung utama tak membuatnya lupa diri. Melalui relawan yang menamakan dirinya Sahabat Renaldi, mereka bersosialisasi  ke seluruh desa termasuk Kecamatan Ronggur Nihuta meyakinkan masyatakat untuk memilihnya.

“Bagi saya perjuangan itu bukan seolah-olah dan tidak mengenal kalimat ‘hampir’ ini dan itu. Maju terus dan pantang berucap mundur,” ujar Renaldi saat berbincang-bincang dengan Lintangnews.com, Kamis (11/4/2019 ) di Pangururan.

Renaldi menyadari, dengan sistem politik saat ini berhadapan dengan massa rakyat yang sudah terlanjur apatis terhadap politik dan politisi dan berpikir pragmatis. Tetapi itu bukan menjadi penghalang baginya, karena terjun ke dunia politik turut menyadarkan masyarakat agar jangan menjauhkan politik pragmatis.

“Sederhanya, saya sangat dekat dengan siapapun. Relawan Sahabat Renaldi tetap bersosialisasi tanpa mengharapkan imbalan. Bahkan turut berkampanye supaya menolak politik uang,” kata dia.

Caleg nomor urut 4 dari partau yang dipimpin Megawati Soekarno Putri itu rela pensiun dini dari ASN supaya lebih fokus memperjuangkan aspirasi masyarakat. (don)