Polsek Dolok Panribuan Amankan 3 Pelaku Pencurian Asal Kota Siantar

Ketiga pelaku pencurian diamankan di Polsek Dolok Panribuan.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolsek Dolok Panribuan, AKP Nelson Butar-butar memimpin pengamanan 3 orang pelaku pencurian asal Kota Siantar, Kamis (5/8/2021).

Ketiga pelaku berinisial JVS alias Joys (18) warga Pasar I Rambung Merah Jalan Ampera, Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur, DPT alias Dedy (16) warga Jalan Lau Cimba, Kelurahan Asuhan dan MS alias Mustriadi (18) warga Lorong Cinta Dame Jalan Medan, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba.

Sebelumnya, ketiga pelaku ditangkap warga bahkan dimassakan setelah melakukan pencurian di warung milik korban Lasma Gultom (55) di Simpang Palang Nagori Pondok Bulu, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Kamis (5/8/2021) sekira pukul 02.30 WIB.

Awalnya korban terbangun dari tidurnya dan melihat 1 unit sepeda motor bebek warna hitam yang tidak dikenalnya sedang parkir di depan warung miliknya. Selanjutnya Lasma melihat ada 1 orang laki-laki tidak dikenalnya duduk di atas sepeda motor.

Tak berapa lama, keluar 2 orang laki-laki yang juga tidak dikenalnya dari warung korban. Kemudian ketiganya melarikan diri menggunakan sepeda motor.

Melihat itu korban berteriak maling…maling. Teriakan korban itu didengar para warga, sehingga bersama-sama mengejar ketiga pelaku yang masuk ke hutan-hutan. Usaha itu tidak sia-sia, karena berhasil menangkap ketiga pelaku.

Barang bukti sepeda motor yang digunakan para pelaku.

Pagi harinya, Kapolsek Dolok Panribuan menerima informasi dari masyarakat. Kemudian bersama Kanit Reskrim, Iptu Hengky B Siahaan dan personil piket datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Satu orang pelaku berinisial JVS ditemukan sudah diamankan warga di Siantar-Parapat -Siantar Dusun Marihat Huta Nagori Dolok Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan. Sementara 2 pelaku lagi ditemukan warga di bawah jurang tepatnya di Sungai Pogos karena melompat.

Dari ketiga pelaku diamankan barang bukti uang sebesar Rp 7.500 dari dalam kotak Indomie, 1 unit sepeda motor Vario warna hitam tanpa nomor polisi (nopol), 1 buah kunci roda, gembok warna kuning keadaan rusak, gembok warna putih keadaan rusak, 2 botol Aqua berisi minyak dan dompet warna kuning.

Kapolsek lalu memperintahkan anggotanya membawa ketiga pelaku ke Puskesmas untuk dilakukan tindakan medis. Selanjutnya membawa ketiga pelaku ke Polsek Dolok Panribuan untuk proses hukum.

Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian uang sebesar Rp 4 juta dan 2 botol Aqua berisi minyak, sehingga membuat laporan pengaduan ke Polsek Dolok Panribuan.

“Ketiga pelaku sudah diamankan guna dilakukan pemeriksaan untuk diproses sesui prosedur hukum yang berlaku,” kata Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto melalui AKP Nelson Butar-butar saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (6/8/2021). (Rel/Zai)