Pospera Silau Laut dan Air Joman Audiensi dengan Bupati Asahan, Ini Permohonannya

Bupati Asahan, Surya menerima audiensi dari pengurus Pospera Silau Laut dan Air Joman.

Asahan, Lintangnews.com | Pimpinan Anak Cabang (PAC) Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kecamatan Silau Laut dan Air Joman melakukan audiensi dengan Bupati Asahan, Surya di rumah dinasnya, Selasa (26/10/2021).

Ketua Pospera Silau Laut, Rahmat Hidayat mengatakan, tujuan audiensi ini untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Air Joman dan Silau Laut terkait kondisi Jalan Provinsi Sumatera Utara di ruas jalan  54 yang menghubungkan kedua Kecamatan yang saat ini kondisinya rusak parah.

“Akibat rusaknya jalan itu, banyak masyarakat yang mengalami kecelakaan. Dan bukan itu saja jalan rusak ini juga menghambat perekonomian masyarakat, dikarenakan jalan ini menjadi salah satu sektor keluar masuknya masyarakat Air Joman dan Silau Laut,” kata  Rahmat.

Menanggapi itu, Bupati mengatakan, terkait hal ini Pemkab Asahan akan menyikapinya, karena yang diperjuangkan adalah aspirasi masyarakat.

“Seperti  kita ketahui bersama, jalan itu merupakan jalan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), bukan Pemab Asahan. Jadi wewenang itu ada di Pemprovsu. Namun tidak bisa semerta-merta kita memperbaiki jalan itu tanpa persetujuan dari Pemprovsu,” tegas Bupati.

Surya mengatakan, karena hal ini menyangkut kepentingan masyarakat Asahan, dirinya akan terus berusaha dengan menyurati Pemprovsu melalui dinas terkait untuk memperbaiki jalan tersebut.

Bupati juga memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Asahan untuk segera berkoordinasi dengan Pemprovsu agar segera dilakukan perbaikan terhadap ruas jalan yang menghubungkan Air Joman dan Silo Laut.

“Kalau memang dibenarkan oleh aturan yang ada, maka sebagai langkah awal menggunakan dana APBD Asahan untuk pemeliharaan jalan dimaksud,” sebutnya.

Bupati juga menjelaskan, dalam rangka penanganan Covid-19 bukan hanya di Asahan, tetapi seluruh wilayah Indonesia yang tentunya menelan anggaran cukup besar, sehingga ada beberapa rencana pembangunan yang seharusnya sudah bisa dilaksanakan terpaksa ditunda demi penanganan Virus Corona.

“Untuk itu pada masyarakat Asahan, saya menghimbau agar secara ketat menerapkan protokol kesehatan (prokes), sehingga pandemi ini dapat segera berlalu,” paparnya. (Heru)