PPK-USI Gandeng JICSI Gelar Pelatihan Online Customer Service Profesional

Suasana pelatihan saat sedang berlangsung.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam masa pademi Virus Corona (Covid-19) Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK-USI) tetap memberikan pelayanan pembelajaran kepada mahasiswa dan alumni USI, dengan menggandeng lembaga yang profesional.

Kali ini PPK-USI menggandeng Jakarta International Customer Service Institute (JICSI), suatu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan tenaga kerja yang terkait dengan pelayanan pelanggan secara profesional menggelar ‘Pelatihan Online Customer Service Profesional’.

Mustafa Ginting selaku Kepala PPK-USI mengatakan, pelatihan gratis yang dilaksanakan secara online itu dengan menggunakan aplikasi zoom.

Pelatihan ini merupakan kelas khusus dan pesertanya dipilih sebanyak 17 orang yang berkualitas dari beberapa Perguruan Tinggi di Sumatera Utara yang mayoritas dari USI. Pelatihan dilaksanakan setiap hari Selasa sekira pukul 15.00-17.30 WIB yang dimulai pada Selasa (2/6/2020).

“Pelatihan dijadwalkan dalam 4 kali pertemuan untuk meyelesaikan 8 modul. Setiap pertemuan membahas 2 modul dengan durasi waktu 2,5 jam,” sebut Mustafa.

Delapan modul pelatihan yang disajikan kepada peserta meliputi, Basic concepts of customer service, Developing relation ship with your customer, Customer service in different organisations, Match featurs and benefit, Communicate effectively, Deliver service excellence through team work, System for delivering service excellence dan The you factor.

Mustafa yang juga Dosen Fakultas Pertanian dan Pascasarjana USI ini mengatakan, tujuan pelatihan untuk membekali para mahasiswa dan alumni, agar mereka memahami strategi customer service profesional yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada customer ketika mereka nanti bekerja di suatu lembaga atau perusahaan.

“Para peserta nantinya akan diberikan sertifikat pelatihan yang tentunya dapat digunakan sebagai penguatan memudahkan mendapatkan pekerjaan,” paparnya.

Tutor dalam pelatihan itu, Rudyanto HP Manullang selaku CEO & Founder JICSI sudah lebih dari 25 tahun berpengalaman di dunia HRD. Dia mengatakan, pelayanan pelanggan yang baik sebagai sumber kehidupan perusahaan mana pun.

Menurutnya, reeputasi layanan pelanggan perusahaan merupakan pembeda yang kuat dalam pasar yang kompetitif, di mana konsumen memiliki banyak pilihan produk atau layanan.

“Saya percaya, keunggulan pelayanan pelanggan sebagai pondasi keberlangsungan bisnis. Hal ini membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengurangi masalah dalam bisnis. Kami mendukung perusahaan atau individu dengan practice know-how, pengetahuan, dan dukungan secara langsung. Dan percaya, pengalaman pelanggan dengan customer service yang hebat merupakan hal mendasar bagi setiap bisnis” kata Manullang. (Elisbet)