PPK-USI Persiapkan Mahasiswa Jadi Pelaku Kewirausahaan Sejak di Bangku Kuliah

Foto bersama usai kegiatan talkshow yang dilaksanakan PPK-USI.

Siantar, Lintangnews.com | Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK-USI) menggandeng PT Dynapharm Nusantara Gemilang dan PT Diamond Interest menggelar talkshow dengan tema ‘Kewirausahaan Mahasiswa Dalam Bidang Pertanian’, di Aula Pascasarjana USI, Kota Santar, Kamis (22/8/2019).

Mustafa Ginting selaku Kepala PPK-USI mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pelaku kewirausahaan (pelaku bisnis) sejak di bangku kuliah. Sehingga setelah selesai kuliah (wisuda) nantinya mereka tidak lagi mencari pekerjaan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

“Disamping itu juga diharapkan sumber uang kuliah mereka bukan lagi dari orang tuanya, tetapi usahanya sendiri. Karena itu, acara ini dikemas bukanlah teori melainkan aplikasi lapangan” kata Ginting yang disampaikan dalam kata pengantarnya.

Sementara itu, Corry Purba selaku Rektor USI dalam arahannya agar mahasiswa benar-benar memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya. Karena merupakan peluang yang berharga untuk terwujudnya mahasiswa sebagai pelaku kewirausahaan.

Senada dengan hal itu, Amsar Saragih sebagai Ketua Pengurus Yayasan USI mengatakan, mengapresiasi acara ini. Karena dirinya pun dahulu ketika sebagai mahasiswa telah berwirausaha untuk membantu orang tua dalam hal ekonomi keluarga.

Henry Bintang Sinambela General Manager PT Dynapharm Nusantara Gemilang mengatakan, pihaknya siap membantu mahasiswa USI dalam mewujudkan menjadi pelaku kewirausahaan. “Dan membantu mahasiswa dalm melaksanakan penelitian dalam penyusunan skripsinya,” kata Sinambela.

Kegiatan dilanjutkan acara penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara USI dengan PT Dynapharm Nusantara Gemilang. Dimana ruang lingkupnya meliputi :

1. PT Dynapharm Nusantara Gemilang melatih dan membimbing mahasiswa USI menjadi pelaku kewirausahaan.

2. PT Dynapharm Nusantara Gemilang memberikan kesempatan magang dan berkarir bagi mahasiswa maupun alumni USI khususnya dari Fakultas Pertanian di unit usaha PT Dynapahrm Nusantara Gemilang.

3. PT Dynapharm Nusantara Gemilang membantu dan memfasilitasi penelitian mahasiswa USI khususnya Fakultas Pertanian.

4. Peserta dan atau nara sumber pertemuan ilmiah, seminar dan publikasi yang diselenggarakan oleh para pihak.

5. Apabila ada ketersediaan waktu dari PT Dynapharm Nusantara Gemilang, maka bersedia untuk ikut sebagai peserta pameran dan job fair yang diselenggarakan PPK-USI.

6. Kegiatan lain yang relevan dan disepakati oleh para pihak.

Kegiatan dilanjutkan talkshow, presentase dan sharing dengan nara sumber, Jinson Purba, Agro Developmen Manager PT Dynapharm Nusantara Gemilang dengan materi ‘Budidaya Tanaman dan Penggunaan Dyna Grow Untuk Meningkatkan Hasil Panen. Kemudian, Sahrul, Developmen Manager PT Dynapharm Nusantara Gemilang dengan materi ‘Paradigma Wirausaha’.

Kemudian, Tim Motivator PT Dynapharm Nusantara Gemilang dan PT Diamond Iterest dengan materi ‘Motivasi Berbisnis Bersama Produk PT Dynapharm Nusantara Gemilang dan PT Diamond Interest.

Seluruh rangkaian acara dihadiri kurang lebih 200 orang yang sebagaian besarnya mahasiswa Fakultas Pertanian USI. Hadir juga perwakilan organisasi kemahasiswaan di lingkungan USI dan tokoh petani Siantar-Simalungun. Ini termasuk perwakilan mahasiswa Universitas Muhammaddyah Tapanuli Selatan dan Padang Sidempuan.

Mustafa yang juga Dosen Fakultas Pertanian dan Pascasarjana USI menuturkan, sesuai dengan tupoksi dan program lembaga yang dipimpinnya, PPK-USI telah berupaya semaksimalnya untuk memfasilitasi dan mempersiapkan mahasiswa dan alumni USI memasuki dunia kerja.

Sejak terbentuknya bulan Januari 2017 lalu, PPK-USI telah banyak melakukan terobosan dalam hal mengatasi pengangguran, setiap bulan ada diselenggarakan campus hiring yaitu seleksi perekrutan tenaga kerja dari berbagai perusahaan yang diselenggarakan di USI.  Juga menggelar job fair bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Pemko Siantar setiap tahun.

PPK-USI juga telah bekerjasama dan menandatangani MoU dengan Forum Capital Human Indonesia (FCHI) dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di BUMN.

Untuk tahun 2019 ini ada sebanyak 6 orang mahasiswa USI magang di BUMN PT Jasa Raharja.

Mustafa juga menghimbau kepada lulusan SMA/SMK sederajat kalau memang motivasi dan targetnya kuliah untuk mendapatkan pekerjaan tidak perlu berpikir panjang lagi. Karena USI lah yang paling pas kampusnya, khususnya bagi masyarakat Siantar-Simalungun dan sekitarnya.

Untuk itu tidak perlu jauh-jauh kuliah ke daerah lain dengan biaya besar. Karena nantinya setelah tamat kuliah kembali juga ke USI untuk melamar pekerjaan.

Mustafa juga memberikan tips kepada lulusan SMA/SMK sederajat dalam  memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tempat kuliahnya harus pintar, hati-hati dan cermat.

Lanjutnya, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan September-Oktober 2017 lalu, tegas dipersyaratkan bahwa dapat melamar jika lulusan dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

Selain mempertimbangkan akreditasi, juga penting mempertimbangkan Perguruan Tinggi mempunyai lembaga atau unit yang mempersiapkan dan memfasilitasi alumninya mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan.

“Ada 2 hal yang menjadi kata kunci dalam menentukan pilihan kampus PTS tempat kuliah yakni, akreditasi program studi minimal B dan perguruan tingginya mempunyai lembaga atau unit yang mempersiapkan lowongan kerja bagi alumninya,” ucap ,Mustafa.

Kedua hal itu telah dimiliki USI, dimana akreditasi institusi dan semua program studi B, serta adanya PPK-USI sebagai lembaga yang mempersiapkan mahasiswa dan alumninya memasuki dunia kerja (mempersiapkan lowongan kerja). (Elisbet)