Presiden Sarankan Penggunaan Aspal Karet, Ini Penjelasan Kadis PUPR Asahan

9
Ilustrasi pengaspalan jalan.

Asahan, Lintangnews.com | Penggunaan aspal bercampur karet untuk pembangunan jalan sesuai dengan saran dari Presiden RI Joko Widodo bakal ditindak lanjuti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Asahan.

Kepala Dinas (PUPR) Tengku Adi Huzaifa mengatakan, siap mendukung dan melakukan perintah Presiden, di mana saran yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembangunan jalan.

“Kita mendukung, namun harus melakukan studi banding dengan daerah yang telah melakukan pembangunan jalan mengunakan aspal karet. Selain itu, juga menunggu peraturan dari Kementerian PUPR dan regulasinya belum kita terima. Artinya, Asahan siap melakukan program pemerintah pusat,” ujar Tengku, Kamis (14/3/2019).

Pembangunan jalan yang menggunakan aspal campuran karet itu diterapkan di 3 Provinsi yakni, Sumatera Selatan, Riau dan Jambi.

Berdasarkan laporan yang Tengku terima, hasil pembangunan jalan menggunakan aspal bercampur karet sangat bagus.

Selain tak mudah rusak, juga dapat mengurangi kebisingan jalan raya dan campuran karet akan meningkatkan kualitas aspal, baik usia maupun ketahanan terhadap alur. (heru)