Proyek Jembatan Milik Dinas BMBK Sumut di Simalungun Dikhawatirkan Tak Selesai Tepat Waktu  

Pembangunan jembatan milik Dinas BMBK Sumut di Pondok 8 Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Sejumlah kalangan masyarakat mengkhawatirkan progres pembangunan jembatan milik Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Simalungun, tepatnya di Pondok 8 Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa tidak selesai dikerjakan tepat waktu.

“Pokoknya setiap macet, orang Dinas BMBK Sumut marah lah setiap datang kemari. Kenapa macet,” ungkap salah seorang warga seputar kegiatan berlangsung, Minggu (5/12/2021).

Dia menambahkan, pembangunan jembatan itu senilai Rp 9 miliar lebih dari APBD Sumut Tahun Anggaran (TA) 2021. Macet pada pengerjaan di bagian bawah jembatan karena tak ada bahan material kegiatan.

“Kawat bronjong belum datang. Padas gak masuk semalam karena lambat pembayaran dan meresahkan pengesub batu. Karena lambat membayar, makanya gak masuk batu. Macet lah pekerjaan,” beber sumber.

Disinggung perkataan macet dimaksud sama artinya bahwasanya pembangunan jembatan yang dikerjakan oleh CV Makkurtuk Dongan tidak sesuai dengan progres.

“Iya lah. 25 Desember harus siap fisik. Kan berarti 20 hari lagi. Fisik itu ya. Termasuk sudah cor lantai. Gak siap lah tepat waktu,” tukas sumber kembali.

Sebelumnya, Kepala Dinas BMBK Sumut, Bambang Pardede menyampaikan, permohonan bantuan dari awak media. “Saat ini pekerjaan dalam proses denda. Saya pastikan, jumlah hari denda sesuai real penyelesaian lapangan dan benar benar selesai,” sebut Bambang

Lebih lanjut Bambang mewarning pihak Unit Pelaksana Tugas Jalan dan Jembatan (UPTJJS) Siantar. “Jangan sampai mereka (UPTJJS) mengurang-ngurangi masa denda yang real. Mohon monitornya dari media, sebenarnya kapan mereka (rekanan) menyelesaikan,” imbuhnya.

Atas dasar itu, Dinas BMBK Sumut memakainya untuk pemotongan pembayaran uang yang mereka (rekanan) akan terima. “Semakin lama tentunya pemotongan akan progres mereka akan kena denda semakin besar,” tegas Bambang. (Zai)

Pembangunan jembatan milik Dinas BMBK Sumut di Pondok 8 Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.