PT Bajradaya dan Perum Jasa Tirta 1 Berikan 20 Ribu Pohon ke Masyarakat Silaen

Bibit pohon yang akan dibagikan pada 4 Poktan di Desa Ombur, Kecamatan Silaen.

Toba, Lintangnews.com I Guna mendukung resapan air dalam memenuhi ketersedian air di sekitaran Danau Toba, khususnya di Kabupaten Toba, PT Bajradaya dan Perum Jasa Tirta 1, memberikan bibit pohon kepada 4 Kelompok Tani (Poktan) di Desa Ombur, Kecamatan Silaen.

Seperti diketahui, Bajradaya dan Jasa Tirta 1 merupakan perusahaan milik negara yang selalu mempertahankan ketersediaan stok air di kawasan Danau Toba. Sehingga selalu menerapkan penghijauan, terlebih di lahan tandus, dengan mengajak kerja sama bersama pemerintah setempat dan masyarakat Poktan.

Perum Jasa Tirta 1 adalah BUMN berbentuk Perum, yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 1990 tentang Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta dengan perubahan PP Nomor 93 Tahun 1999.

Kemudian dirubah kembali dengan PP Nomor 46 Tahun 2010 tentang Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta 1. Maksud dan tujuan perusahaan adalah turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional.

Tahun lalu, PT Bajradaya dan Perum Jasa Tirta 1 memberikan bantuan penghijauan bernilai ekonomis. Tahun ini Desa Ombur, Kecamatan Silaen akan mendapatkan bibit pohon seperti, durian, petai, jengkol dan kopi ateng.

Seperti disampaikan salah seorang staf Perum Jasa Tirta 1, Tian, akan diberikan sekitar 20 ribu bibit pohon pada 4 Poktan Galung, Poktan Lancang, Poktan Batuhoda dan Poktan Tapian Nauli di Desa Ombur.

“Atas kerja sama dengan Bajradaya, Perum Jasa Tirta 1 akan memberikan 20 ribu bibit pohon. Saat ini masih dalam tahap pengiriman, diharapkan bibit yang kita berikan dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat yang tergabung dalam poktan,” kata Tian, Senin (20/4/2020).

Lanjutnya, selain memenuhi kebutuhan stok air di kawasan Danau Toba, penghijauan yang dilakukan dapat bermanfaat kepada perubahan ekonomi masyarakat menuju kehidupan sejahtera, dengan menanam bibit pohon bernilai ekonomis. (Asri)