PT TPL dan IT DEL Jalin Kerja Sama Dukung Penelitian 2 Mahasiswa

Kesepakatan kerja sama antara PT TPL dengan IT DEL.

Tobasa, Lintangnews.com I PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Komitmen itu diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT TPL dengan Institut Teknologi (IT) DEL sebagai landasan dalam mendukung program-program peningkatan kualitas pendidikan.

Ini berupa dukungan penelitian oleh 2 orang mahasiswa IT DEL yang akan didampingi 2 dosen pembimbing.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di kampus IT Del, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (29/1/2020).

Ini dihadiri Rektor III IT DEL, Bambang Abednego juga Ketua LPPM IT DEL, Meyer Marthen Kinda Dosen Prodi Teknik Bioproses bersama Nina Turnip yang menjadi dosen pembimbing dalam penelitian ini. Turut serta juga Ramida Siringoringo, Manager Community Development TPL bersama staf CD Hema Butarbutar dan Mangasi Sinaga.

Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung bidang pendidikan khususnya mahasiswa IT Del yang akan melaksanakan tugas akhir. Melalui Departemen Community Development berkomitmen untuk membantu penelitian dalam pembuatan particle board dari sludge sisa hasil produksi TPL.

“Kami harap ini menjadi langkah awal agar kedepannya dapat lebih disinergikan antara pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dari IT DEL dengan sumber daya dan peralatan yang berada di TPL,” ujar Bambang.

Diharapkan kedepannya, penelitian ini akan menjadi dasar untuk pengembangan penelitian berikutnya. Penelitian ini direncanakan akan dimulai pada bulan Februari 2020 dan berlangsung selama 6 bulan.

“Terima kasih kepada TPL mau mensupport dalam hal bahan baku dan juga peralatan. Diharapkan dengan limbah yang ada, setelah diteliti akan menghasilkan particle board semaksimal mungkin,” ujar Meyer.

Dukungan ini sebagai komitmen TPL dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, dengan mendukung progam-program pendidikan di IT DEL. TPl berharap dari IT Del akan lahir putra-putra daerah yang berkompeten dan mampu berkarya di tingkat global. (Asri)