PT TPL dan Poktan Hutan Bersama Lakukan Penanaman Perdana Kemenyan

Foto bersama usai kegiatan perdana penanaman kemenyan.

Humbahas, Lintangnews.com | Penanaman perdana kemenyan di Sektor Tele dilakukan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) dengan Kelompok Tani (Poktan) Hutan Bersama Desa Sionom Hudon, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (5/2/2020).

Kegiatan penanaman kemenyan itu dihadiri Camat Parlilitan, Eliabzan Sihotang, Kapolsek, AKP P Simanungkalit, mewakili Danramil, Peltu, Andi Lumban Toruan, Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Humbahas, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dinas Kehutanan (Dishut) Cabang Doloksanggul Wilayah XIII, Kepala Desa (Kades) Sionom Hudon, Piatur Tinambunan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat.

Direktur Maneger TPL, Mulia Nauli berharap, agar kerja sama dengan Poktan Hutan Bersama dan masyarakat berlangsung lancar dan aman. Dirinya juga meminta kerja sama yang baik pada Poktan Hutan Bersama dan masyarakat agar menjaga tanaman kemenyan itu.

“Saya menitipkan Sektor Tele ini. Tegur kami jika ada kekurangan dalam bekerja. Karena kami tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Jika memang harus bekerja sama dengan baik, pasti bapak-bapak sekalian menegur apabila melakukan kesalahan dalam bekerja, karena kami juga manusia biasa,” tukas Mulia Nauli.

Camat Parlilitan menyampaikan terima kasih atas adanya kegiatan perdana penanaman kemenyan tersebut. Menurutnya, Uspika Kecamatan Parlilitan adalah sebagai ‘Parhobas’ atau pelayan dalam kegiatan penanaman kemenyan ini.

“Kami baru menyadari, kehadiran TPL ditengah-tengah masyarakat bukan lah untuk menyengsarakan, namun mensejahtrakan. Apa yang ingin dibutuhkan, bisa disampaikan pada TPL demi kerja sama yang baik,” sebut Eliabzan.

Kepala KPH Wilayah XIII Doloksanggul, Benhard Purba juga berharap agar Poktan Hutan Bersama semakin serius untuk bertani. Pihaknya mendukung kegiatan penanaman kemenyan ini.

“Karena ini lah langkah awal untuk membangkitkan Poktan yang kita bina. Kami telah membina kelompok-kelompok di sekitaran hutan agar pendapatannya meningkat,” sebut Benhard.

Sekretaris Distan Humbahas, Boru Manullang juga meminta Poktan Hutan Bersama agar lebih serius untuk bertani. Pasalnya, saat ini Poktan Hutan Bersama sudah memasuki tahap sejahtera karena adanya bantuan bantuan seperti itu dari TPL.

“Kami meminta kepada pihak perusahaan agar jangan disini saja bantuan yang diberikan. Berikanlah bantuan bantuan lain yang dapat dirasakan masyarakat,” paparnya.

Sementara Kades Sionom Hudon, Piatur Tinambunan meminta masyarakat agar selalu mengucap syukur dan berterimakasih atas apa yang diperoleh Poktan Hutan Bersama.

“Dalam kegiatan ini, perusahaan telah membuka satu pintu kepada masyarakat,terkhusus Poktan Hutan Bersama. Kedepan kami menghimbau poktan agar semakin digalakkan dan jangan ditidurkan,” paparnya. (Akim)