PT TPL Diduga Bingung Jelaskan Peruntukan Dana CSR untuk Pemkab Taput

Pihak Humas PT TPL saat melakukan kopi darat dengan para wartawan di Kabupaten Taput.

Taput, Lintangnews.com | PT Toba Plup Kestari Tbk (TPL) menggelar pertemuan kopi darat dengan wartawan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) beberapa waktu lalu, untuk menjalin kemitraan yang baik, agar kedepannya lebih bersinergi dalam pemberitaan.

Namun ada beberapa pertanyaan yang diajukan sejumlah wartawan online dan media cetak yang belum kelar untuk dijawab.

Salah satunya terkait dana Corporate Social Responsibility (CSR) mulai tahun 2016 sampai 2018 sebesar kurang lebih Rp 2,3 miliar.

Sebelumnya Pemkab Taput mengakui tidak pernah ada menerima dana tersebut. Selain itu, lokasi pendistribusian dan alokasi anggarannya juga diserahkan tidak diketahui, sehingga menjadi pemberitaan di media online.

Pimpinan humas PT TPL melalui Dedi Armaya mengatakan, Pemkab Taput telah menerima dana CSR itu melalui yayasan. Namun dia kembali menyampaikan permohonan maaf atas kehilafan jawapan yang disampaikan.

Bagian yang membidangi CD/CSR PT TPL bermarga Sinaga ketika dihubungi wartawan pada tanggal 2 Juli lalu, juga belum bisa memberikan jawaban secara detail dan terperinci terkait hal itu.

Mereka berjanji akan melakukan pertemuan lagi dengan awak media, Selasa (6/7/2021). Namun sepertinya hal itu tidak bisa dilaksanakan, karena hal urgent yang masih harus mereka kerjakan.

Di tempat terpisah, Kabag Ekonomi Pemkab Taput, Fajar Gultom menegaskan, pihaknya hanya mau minta data kemana saja alokasi peruntukan dana CSR PT TPL yang mereka laksanakannya mulai tahun 2018 sesuai dengan isi Akta 05 Tahun 2017.

“Memang ada laporan dari pihak TPL yang kita terima. Namun dalam laporan itu tidak ada tertuang dimana saja pengalokasiannya, berapa jumlah anggarannya dan setelah melaksanakan kegiatan itu, bagaimana respon dari masyarakat selaku penerima manfaat dana CSR,” ujarnya.

Fajar juga mengharapkan, Pemkab Taput jangan dibuat bulan-bulanan untuk menjawab konfirmasi dari wartawan terkait dana CSR PT TPL.

“Karena kemarin juga sempat dikatakan Bagian Kehumasan PT TPL kalau ada yayasan yang dibuat Pemkab Taput yang telah menerima dana CSR itu,” papar Fajar. (Pembela)