PT TPL Salurkan Bantuan Bibit Cabai ke Poktan Hutan Marsada Parlilitan

Penanam perdana bibit cabai oleh PT TPL dan Poktan Hutan Marsada.

Humbahas, Lintangnews.com | Belum lama ini PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) memberikan bantuan bibit kemenyan kepada Kelompok Tani (Poktan) Hutan Marsada, Desa Simataniari, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kali ini pihak perusahaan memberikan bantuan bibit cabai.

Kegiatan penanaman cabai perdana dengan Poktan Hutan Marsada, Jumat (21/2/2020) diharapkan menjadi contoh baik untuk masyarakat petani yang belum membentuk kelompok seperti otu agar bisa menerima bantuan bantuan dari PT TPL.

Hal ini disampaikan Benhard Purba selaku Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (-KPH) Wilayah XIII Cabang Dolok Sanggul.

“Kami menyambut baik penanaman cabai oleh PT TPL dan Poktan Hutan marsada. Kami juga berterimah kasih pada perusahaan karena memberikan perhatian kepada masyarakat, terkhususnya yang membentuk Poktan Hutan,” paparnya.

Pihaknya juga berharap, masyarakat petani yang lain segera membentuk Poktan Hutan agar bisa dapat batuan dari PT TPL.

Camat Parlilitan diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), Alponsius Tinambunan didampingi mewakili Kapolsek Plt Danramil 11 Parlilitan meminta agar PT TPL semakin peduli pada masyarakat.

“Kami berharap perusahaan semakin membuka jalan kepada para petani dan memberikan bantuan-bantuan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, masyarakat diharapkan agar semakin bersemangat, karena perusahaan akan selalu membantu yang membentuk Poktan Hutan,” paparnya.

Sementara Manajemen PT TPL Sektor Tele, Juanda Panjaitan menekankan agar masyarakat jangan bermain-main ketika bantuan datang. Menurutnya, pihak perusahaan akan selalu memberikan bantuan kepada masyarakat Humbahas, khusus para Poktan Hutan yang telah terbentuk.

“Kami tidak akan tinggal diam dalam hal membantu. Karena kami bangga dan bahagia ketika perekonomian masyarakat meningkat,” tukasnya.

Juanda menuturkan, jika nanti ini berhasil, perusahaan akan memikirkan apalagi bantuan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Perusahaan berharap, masyarakat petani semakin semangat, solid dan tetap sejalan ketika mendapatkan bantuan-bantuan,” terangnya.

Kepala Desa (Kades) Simataniari, Juanda Munthe mengaku, bangga atas bantuan yang diserahkan perusahaan. Menurutnya, Poktan Hutan Marsada sebelumnya sudah menerima bantuan kemenyaan dan saat ini diberikan bibit cabai.

“Perusahaan saat ini membuka pintu untuk masyarakat simataniari untuk meningkatkan mata pencaharian kita. Saya meminta kepada masyarakat agar semakin semangat dan jangan putus asah untuk bertani, agar perekonomian kita meningkat,” paparnya.

Ketua Poktan Hutan Marsada diwakili M Simbolon memberikan cendramata kepada perusahaan dan mewakili pemerintah.

“Kami tidak bisa membalas kebaikan yang dibuat perusahaan. Kami hanya bisa memberikan cendra mata kepada perusahaan untuk mengungkapkan rasa terimakasih kami kepada perusahaan. Semoga kami semakin maju agar bisa membuktikan keberhasilan Poktan Hutan Marsada,” terangnya. (Akim)