Puluhan Rumah di Taput Rusak Dihantam Puting Beliung

Kerusakan rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung.

Taput, Lintangnews.com | Akibat diguyur hujan dibarengi angin kencang, membuat puluhan rumah warga di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengalami kerusakan cukup parah, Senin (8/3/2021) sore.

Informasi dihimpun, sebanyak 4 unit rumah di Dusun Pea Nadao, Desa Lumban Siagian Julu, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Taput, rusak dihantam angin puting beliung.

Mengetahui informasi ini, Camat Siatas Barita, Elianto Sitompul dan kepala desa Lumban Siagian Julu, Sotarduga Panggabean langsung turun ke lokasi kejadian untuk meninjau kerusakan rumah warga.

Elianto menyampaikan kepada warga agar kiranya bisa tabah dengan bencana alam yang menimpa mereka. “Karena ini semua bukan kehendak kita manusia,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Ernita Boru Sianturi mengaku, masih trauma dan sepertinya tidak dapat menerima kejadian itu, karena rumahnya sudah rata dengan tanah.

Di tempat terpisah, sebanyak 22 unit rumah di 2 Desa di Kecamatan Tarutung juga mengalami kerusakan. Ini juga menyebabkan putusnya jaringan listrik akibat rubuhnya pohon yang berada di dekat rumah warga.

Hingga saat ini, pihak dari Dinas Sosial (Dinsos), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Tarutung masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan. Ini agar nantinya bisa diketahui berapa kerugian materil dan immaterial yang pantas serta layak diterima warga untuk memperbaiki kerusakan rumah mereka.

Sementara itu, warga Desa Parbubu Pea, S Tobing berharap kepada Pemkab Taput agar bisa membantu meringankan kerugian yang mereka alami akibat bencana alam tersebut. (Pembela)