Puskesmas Araskabu Peringati Hari Gizi Nasional, Kanker dan Ultah

Pemotongan kue memperingati Hari Ulang Tahun Puskesmas Araskabu ke 8.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Puskesmas rawat inap Araskabu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (14/2/2020) memperingati Hari Gizi Nasional dan Hari Kanker se Dunia.

Ini rangkai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Puskesmas Araskabu ke 8.

Hadir pada kegiatan itu, Ketua TP-PKK Beringin, Sampe Hayati Ayub, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Iskandar Sayuti, Kepala Puskesmas (Kapus) Araskabu, Hermida, Kapus Karang Anyar, Eva, Kapus Pantai Labu, Dewi Rosita dan para Kepala Desa (Kades).

Kegiatan yang dipandu Deliana selaku Ketua Panitia ditandai dengan melakukan pemotongan kue ultah dan nasi tumpeng berjalan lancar dan sukses.

Sekcam, Iskandar Sayuti berharap, semakin dewasanya Puskesmas Araskabu dapat terus meningkatkan pelayanan terbaiknya di Kecamatan Beringin. “Layani lah masyarakat atau pasien agar mereka senang,” kata Iskandar.

Dirinya juga berharap, pihak Puskesmas dapat menginventarisir kesehatan masyarakat dengan peringatan Hari Gizi. Termasuk jangan ada gizi buruk di Beringin.

Sementara Kades Araskabu, Abdul Rahman mewakili para Kades berharap, semoga kedepannya Puskesmas Araskabu lebih baik dan maju. Dia juga menuturkan, para Kades se Kecamatan Beringin siap mendukung program Puskesmas.

Kapus Araskabu, Hermida mengatakan, melalui perayaan ulang tahun ini pihaknya berusaha untuk melakukan perbaikan-perbaikan, dengan tujuan meningkatkan pelayanan pada warga masyarakat, khususnya di Beringin.

“Pada peringatan Hari Gizi dan Hari Kanker se Dunia ini kami menitik beratkan pelayanan kesehatan di 4 hal yakni, memberikan makanan sehat kepada balita agar terbebas dari stunting (gagal tumbuh), dengan tujuan menekan angka stunting di Beringin,” sebutnya.

Berikutnya, memberikan penyuluhan pada ibu-ibu yang beresiko tinggi terhadap penyakit. Kasus lanjut usia (lansia), dengan rentannya terhadap hipertensi dan diabetes melitus juga menjadi perhatian Puskesmas Araskabu.

“Dan yang terakhir berharap pada wanita usia subur untuk lebih sadar diri mendeteksi secara dini alat reproduksinya dengan memeriksakan kesehatan terutama pemeriksaan IVA,” ucap Hermida. (Idris)