Pemkab Tobasa dan BPS Gelar Apel Koordinasi Sensus Penduduk

Foto bersama usai apel koordinasi sensus penduduk di lapangan kantor Bupati Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Bertujuan mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Pemkab setempat bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar apel koordinasi di lapangan kantor Bupati, Jumat (14/2/2020).

Dalam arahannya Bupati, Darwin Siagian mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, BUMD, TNI dan Polri agar berperan aktif serta mendaftarkan dirinya dalam Sensus Penduduk Tahun 2020.

Menurutnya, hasil dari sensus penduduk ini akan menjawab perbedaan data jumlah penduduk antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dengan BPS Tobasa yang selisihnya sampai 30.000 an.

“Pelaksanaan sensus penduduk ini dilaksanakan 2 periode. Periode pertama adalah sensus penduduk secara online yang berlangsung tanggal 15-31 Maret 2020. Sementara periode kedua adalah kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang dilaksanakan tanggal 1-31 Juli 2020,” sebut Bupati.

Sementara Whenlis Purba selaku Kepala Tobasa menyampaikan, dengan dukungan semua instansi pemerintah, ada 30 orang warga melakukan sensus online. Selebihnya nanti akan didata secara langsung oleh petugas sensus mulai tanggal 1-31 Juli 2020.

Usai apel koordinasi, kegiatan dilanjutkan dengan acara senam sensus penduduk yang dikolaborasi dengan senam germas. (Asri)