Radiapoh Sinaga Kukuhkan Pengurus JPM Habonaron Do Bona dan FKUB Simalungun

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengukuhkan pengurus JPM Habonaron Do Bona periode 2022-2024 dan FKUB periode 2020-2025.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengukuhkan pengurus Jejaring Panca Mandala (JPM) Habonaron Do Bona periode 2022-2024 dan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Simalungun periode 2020-2025, di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Simalungun, Kecamatan Siantar, Rabu (31/8/2022).

Dalam sambutannya, Radiapoh engucapkan selamat kepada pengurus JPM Habonaron Do Bona dan FKUB Simalungun yang telah dikukuhkan.

Disampaikan, dengan terbentuknya JPM Habonaron Do Bona dan FKUB di Simalungun bermakna saling berkolaborasi antar unsur dan perwakilan masyarakat, sebagai upaya saling berkoordinasi dan berkomunikasi, maupun memperkuat pembumian ideologi Pancasila, serta pembinaan dalam meciptakan kerukunan antar umat beragama di Bumi Habonaron Do Bona.

Dirinya berharap, JPM Habonaron Do Bona dan FKUB dapat segera menyusun rencana program kerja terkait dengan pembinaan ideologi Pancasila dan pembinaan kerukunan umat beragama serta antara umat beragama di Simalungun,.

“Simalungun memiliki teritorial yang luas dan terdapat suku yang heterogen, demikian juga agama yang beragam di Simalungun. Tentu ini tidak mudah, bagaiman merekat dan merajut kebersamaan ini. Simalungun ini miniaturnya Indonesia,” kata Radiapoh.

Para pendahulu di Simalungun, lanjut Bupati, telah memberikan teladan untuk merajut kebersamaan melalui Haroan Bolon.

“Karena Marharoan Bolon ini juga merupakan upaya kita bagaimana untuk memperet kebersamaan di Simalungun,” paparnya.

“Saya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Simalungun mengharapkan kepada JPM Habonaron Do Bona dan FKUB menjadi wadah untuk mempererat silahturrahmi antar unsur di masyarakat. Sekaligus mengantisipasi dan menyelesaikan persoalan yang timbul secara bijak dan pemikiran jernih yang akhirnya bermuara pada keharmonisan, ketertiban dan ketentraman di tengah-tengah masyarakat,” ujar Radiapoh.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Simalungun, Arpin Nainggolan dalam laporannya menyampaikan, JPM Habonaron Bo Bona yang dikukuhkan terdiri dari 5 unsur berasal dari unsur pemerintah, dunia pendidikan, dunia usaha, media dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Sedangkan FKUB yang dikukuhkan adalah forum kerukunan ummat yang diharapkan tampil sebagai garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat, terutama mengenai pentingnya memperkuat komitmen kebangsaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi umat dan antara umat beragama,” sebutnya.

JPM Habonaron yang dikukuhkan terdiri dari Ketua, Corry, Sekretaris, Samsiah Pohan, Koordinator Dunia Usaha, Arifin Sihombing, Koodinator Media/Pers, Hotman Simbolon, Koordinator Pemuda, Alex Girsang, Koordinator Ormas, Sarmuliadin Sinaga dan Koordinator Ormas/Ulama, Surya Darma.

Sementara itu FKUB yang dikukuhkan terdiri dari Ketua, Nurdin Panjaitan, dibantu 2 orang Wakil Ketua, Sekretaris, Rp Angelo K Purba dibantu 1 orang Wakil Sekretaris, Bendahara, Azrul Aswan Sirait dan anggota sebanyak 13 orang.

Tampak hadir antara lain, Wakil Bupati, Zonny Waldi, Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani, Kapolres, AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/SML, Letkol Inf Hadrianus Yossy, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Bobbi Sandri, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Nurnaningsih Amriani, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Kakan Kemenag, Ahmad Sofyan, Ketua MUI, Abdul Halim Lubis dan undangan lainnya. (Rel/Zai)