Rangkap Jabatan, Pangulu Kerasaan II Dituding Tak Transparan Kelola Dana Desa

Kantor Pangulu Nagori Kerasaan II Kecamatan Pematang Bandar.

Simalungun, Lintangnews.com | Rudi Hartono diduga tak hanya sebagai Pangulu nagori Kerasaan II, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun.

Tetapi juga merangkap sebagai karyawan perusahaan swasta bergerak dalam bidang pengolahan sawit di Nagori Kerasaan II.

“Karyawan di Pabrik Kepala Sawit (PKS) juga itu Pangulu Nagori Kerasaan II,” ungkap salah seorang sumber, Sabtu (14/9/2019).

Selain itu, untuk dana desa tahun anggaran 2017 yang dikelola Pemerintah Nagori Kerasaan II diduga menyimpang. “Penggunaan dana desa 2017 itu kegiatannya pemberdayaan dan pengadaan peralatan,” papar sumber.

Peralatan yang dibeli menggunakan dana desa itu di antaranya mesin bordir, pengadaan pelaminan, keyboard, gendang dan mesin genset. “Pangulu kurang transparan dalam pengadaan peralatannya. Contohnya merk dan kualitasnya. Ada baiknya Pangulu transparan,” katanya.

Ini termasuk siapa saja dan berapa peserta pada kegiatan pemberdayaan tersebut juga kurang transparan. “Tetapi biaya pengadaannya menelan biaya sebesar Rp 700 juta lebih,” sebut sumber.

Sementara, Pangulu Nagori Kerasaan II, Rudi Hartono saat coba dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, Minggu (15/9/2019) sekira pukul 19.00 WIB tak ada jawaban. (Zai)