Rapat Gabungan Komisi DPRD Samosir Dengarkan Pemaparan RPJMD 2021-2026

Rapat gabungan Komisi DPRD Kabupaten Samosir.

Samosir, Lintangnews.com | Rapat Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka mendengarkan pemaparan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026 digelar, Kamis (12/8/2021).

Rapat itu dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Kepala Bappeda, Rudi Siahaan, Tim Ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU), Hendra Harahap, Agus Suryadi dan Wahyu Aryo Pratomo.

Pimpinan rapat, Nasip Simbolon menyampaikan, pelaksanaan rapat ini yakni untuk mendengar pemaparan tentang RPJMD tahun 2021-2026.

“Kita ingin mengetahui penjabaran visi dan misi Bupati Samosir yang nantinya sebagai dasar penyusunan program dan kegiatan selama periode pemerintahannya,” ujar Nasip.

Selanjutnya Rudi Siahaan menyampaikan, dasar hukum penyusunan RPJMD di antaranya Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2005 Sistem Perencanaan Pembangunan Nasiona, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Samosir Nomor 03 Tahun 2011.

“Dalam RPJMD ini dijabarkan visi yakni terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat, secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Sedangkan misinya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, responsif dan bersih, membangun kemandirian ekonomi berbasis pertanian dan pariwisata berkelanjutan didukung infrastruktur dasar yang berkualitas dan meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan Sumber Daya Manusia (SDM) berkepribadian dan berbudaya,” papar Rudi.

Ditambahkan, ada 10 proyek unggulan atau program pembangunan daerah. Di antaranya, tenaga medis handal, peningkatan dan pemerataan jalan dan jembatan penghubung antar Desa.

Peningkatan kemanpuan guru, pemberian dan inisiasi sekolah vokasi/akademi komunitas dan pemberian beasiswa pada pelajar kurang mampu dan berprestasi,. Kemudian, pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) gratis, pembangunan infrastruktur jalan desa irigasi,air bersih dan tata kelola persampahan dan pengadaan alat berat untuk pembukaan jalan strategis dan peningkatan kualitas layanan jaringan telekomunikasi dan internet di seluruh Samosir.

Pengadaan air minum, pembangunan pariwisata yang melibatkan para pemuda dan masyarakat, pembentukan UMKM dengan menghadirkan 6 produk di 128 Desa dan 6 Kelurahan, serta terakhir ketersediaan pupuk dan bibit yang merata.

Beberapa strategi dalam mencapai visi dan misi itu di antaranya mengembangkan sistem pemerintahan yang terintegrasi, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan kapasitas SDM dan inovasi sektor unggulan, peningkatan infrastruktur yang berkelanjutan, pemenuhan hak dasar warga miskin, peningkatan kualitas manajemen dan layanan pendidikan/kesehatan, peningkatan daya saing pendidikan/pemberdayaan masyarakat, internalisasi nilai-nilai budaya dan pengembangan penguatan budaya lokal.

Atas pemaparan itu, DPRD Samosir memberikan beberapa saran dan masukan . Ini seperti agar nantinya pemerintah daerah dapat bersinergi dengan pemerintah pusat dalam hal pendanaan atau anggarannya. Lalu Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat ditingkatkan.

“Kiranya rancangan akhir RPJMD tahun 2021-2026 ini dapat lebih dipertajam, sehingga visi dan misi Bupati Samosir ini dapat terlaksana selama periode pemerintahannya,” ucap Nasib saat menutup rapat. (Tua)