HUT Kemerdekaan, Pemkab Asahan Gelar Ramah Tamah dengan Pejuang   

Bupati Surya memberikan cendramata pada perwakilan DPC LVRI Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan menggelar ramah tamah dengan pejuang dan perintis kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun 2021, Kamis (12/8/2021).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Pemkab Asahan, Syamsudin dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan untuk merenungkan kembali, dan meneladani sejarah perjuangan para pejuang yang telah berkorban untuk memperjuangkan serta mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Juga memberikan pemahaman dan menanamkan semangat nilai-nilai kejuangan kepada generasi penerus bangsa.

“Para pejuang yang diundang sebanyak 20 orang disebabkan karena pandemi Covid-19. Ini terdiri dari DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Asahan sebanyak 10 orang, DHC 45 Kabupaten Asahan 5 orang dan Pepabri /Warakawuri 5 orang,” paparnya.

Sekretaris LVRI Asahan, Lasam M mengatakan, kemerdekaan yang dinikmati saat ini bukan barang gratis atau hadiah dari bangsa penjajah. Tetapi kemerdekaan yang ini merupakan hasil dari perjuangan dengan mengorbankan tumpah darah dan air mata.

“Hargai pengorbanan kami dan pejuang lainnya dalam memerdekakan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” ujarnya.

Bupati Asahan, Surya menyampaikan, ramah tamah ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan, serta menanamkan kembali arti pentingnya nilai-nilai kepahlawanan khususnya kepada para generasi muda penerus bangsa.

“Karena itu, tiada kata lain kecuali kita harus menatap kedepan lebih bersatu melangkah bersama meskipun dalam suasana kondisi pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya. Walaupun demikian, cita-cita bangsa dan para pejuang tidak boleh berhenti sampai disini,” sebutnya.

Suray juga menyadari acara yang dilaksanakan pada hari ini tidak cukup untuk membalas segala jasa dan pengorbanan yang telah dilakukan pejuang dulunya.

“Namun, acara ini merupakan bagian dari bentuk penghargaan kami terhadap jasa dan pengorbanan yang telah bapak ibu persembahkan. Melalui kegiatan ini, ingin mengajak bapak ibu untuk terus berkarya dan mengabdi bersama kami yang lebih muda. Karena kami juga ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara ini,” ungkap Bupati. (Heru)