Rapat Kerja Tahunan Repdem Sumut, Hasilkan Gerak Langkah Prioritas pada Perjuangan Rakyat

Ketua DPD Repdem Sumut, Martua Siadari bersama dengan sejumlah pengurus.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Rapat kerja tahunan Dewan Pimpinan Daerah Relawan Demokrasi Perjuangan (Repdem) Provinsi Sumatera Utara berlangsung selama 2 hari (25-26/9/2021) di Monaco Park, Sibirubiru, Kabupaten Deli Serdang, menghasilkan berbagai program dan langkah strategis yang lebih diprioritaskan untuk memperjuangkan hak-hak rakyat.

“Hasil rapat kerja tahunan kali ini, menghasilkan berbagai program dan langkah strategis yang seluruhnya diprioritaskan bagi perjuangan rakyat,” jelas Ketua Repdem Sumut, Martua Siadari kepada wartawan, seusai penutupan kegiatan, Minggu (26/9/2021) malam.

Martua menambahkan, pertarungan ide dan gagasan pada rapat tahunan kali ini, sangat dinamis apalagi dukungan dan semangat bagi pengurus yang seluruhnya merupakan aktivis dari berbagai sektor pergerakan disuport penuh oleh pengurus PDI-Perjuangan sebagai organisasi induk.

Ketua DPD PDI-Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon dan Sekretaris, Soetarto hadir langsung serta memberikan pembekalan. Pemberian materi pengantar diskusi juga diperkuat oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Mangapul Purba, serta Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga, Brilian Muchtar.

Berbagai ide dan gagasan kemudian mengalir dari seluruh peserta rapat, sehingga acara penutupan yang diagendakan Minggu pagi, terpaksa harus diperpanjang hingga Minggu malam dan membuahkan program kerja 12 bidang yang berorientasi pada perjuangan rakyat.

Selain memperjuangkan hak-hak buruh, petani, dan nelayan, Repdem juga bertekad untuk membukakan berbagai akses bagi kelompok-kelompok masyarakat tersebt, untuk mendapatkan penghidupan yang layak dari sisi ekonomi.

Salah satunya membuka ruang untuk mendapatkan pelatihan guna meningkatkan kemampuan diri serta keahlian di berbagai bidang, juga membantu mengkases berbagai bantuan dari pemerintah yang kurang atau bahkan tidak dipahami oleh masyarakat tersebut karena keterbatasan informasi.

Ditambahkan Martua, masyarakat kurang mampu berhak untuk mendapatkan bantuan dan itu tidak semata dari pemerintah, tetapi banyak sumber yang bisa dihadirkan untuk mereka, baik dari BUMN maupun swasta. Tinggal saja, selama ini yang menikmati bantuan itu lebih banyak menguap, karena sistem penyalurannya tidak benar.

“Hal-hal yang menurut banyak orang sangat kecil, namun bagi masyarakat kurang mampu, merupakan hal besar dan ini menjadi program utama Repdem Sumut dalam satu tahun kedepan,” jelas Martua.

Sedangkan terkait persiapan Pemilu 2024, Martua menyebutkan, Repdem Sumut, belum memikirkan hal itu. Karena amanah dari partai kepada Repdem sebagai sayap partai, lebih pada kerja-kerja kerakyatan, melakukan pendampingan terhadap berbagai persoalan rakyat dan memperjuangkan kepentingan masyarakat agar cita-cita Soekarno selaku pendiri bangsa, untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sentosa, bisa maksimal diwujudkan di tanah air yang kaya raya ini.

Wakil Ketua Panitia, Abraham Manurung menambahkan, seluruh program kerja untuk 1 tahun itu akan mereka laporkan secara tertulis kepada PDI-Perjuangan Sumut, Dewan Pimpinan Nasional Repdem, serta ditembuskan DPP. Sehingga program kerja itu juga disuport, tidak hanya untuk tingkatan Sumut, tetapi juga pusat.

“Jadi, kalau ada kendala, maka kami bisa melaporkannya kepada organisasi induk PDI-Perjuangan sesuai dengan kewenangannya, agar bisa digedor sehingga cepat terealisasi guna kepentingan rakyat ,” tutup Abraham. (Rel)