Rapat Paripurna DPRD Sergai Bahas 3 Agenda

Bupati Sergai, Soekirman bersalaman dengan Ketua DPRD, Muhammad Riski Ramadhan.

Sergai, Lintangnews.com | DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar rapat paripurna membahas pengesahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda), rencana kerja DPRD Sergai tahun 2020-2021 dan penetapan Panitia Khusus (Pansusu) tentang 3 Peraturan DPRD Sergai tahun 2020, Jumat (17/1/2020) kemarin.

Bupati Soekirman dalam sambutannya mengatakan, paripurna ini sebagai tindaklanjut dari Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2011, dimana Pemkab Sergai pada tahun 2020 mengusulkan 11 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada DPRD, serta 1 Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD dan telah dilakukan pembahasannya dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah pada tanggal 8-10 Januari 2020 lalu.

Adapun 11 Ranperda yang diusulkan adalah Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019, P-APBD TA 2020, Ranperda tentang APBD TA 2021, retribusi pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan pertama, sistem kesehatan daerah, retribusi pelayanan persampahan/kebersihan, pembentukan produk hukum daerah, pajak daerah, irigasi, Pemilihan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dan pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Sergai, serta penyusunan program pembentukan Peraturan Daerah yang merupakan inisiatif DPRD.

“Kami mengapesiasi seluruh kegiatan termasuk rapat-rapat yang dilaksanakan Badan Pembentukan Perda telah banyak memberikan waktu dan masukan-masukan. Sehingga Prompemperda Kabupaten Sergai tahun 2020 dapat disahkan pada sidang paripurna ini,” sebutnya.

Lanjut Bupati, ini nantinya dapat dilakukan pembahasan secara bersama-sama antara eksekutif dengan legislatif serta pada akhirnya dapat ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

“Kami menyampaikan dukungan dan harapan atas pengesahan rencana kerja DPRD Kabupaten Sergai tahun 2020-2021. Kiranya rencana kerja yang disahkan dapat bersinergi dan sejalan dengan rencana kerja Pemkab Sergai untuk dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan,” jelas Soekirman.

Hadir dalam paripurna itu, Ketua DPRD Sergai, Muhammad Riski Ramadhan beserta para Wakil Ketua, para anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pejabat administrator dan undangan lainnya. (Aguswan)