Ratusan Lansia di Bilah Hilir Ikuti Cek Kesehatan dan Senam Massal

Para Lansia mengikuti senam sehat massal.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Ratusan masyarakat lanjut usia (lansia) mendatangi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia di Lingkungan Bangun Sari II Kelurahan Negeri Baru, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (22/2/2021).

Posyandu Lansia yang diadakan setiap bulannya meliputi cek darah, cek gula, kolestrol dan pemberian vitamin. Selain itu juga diadakan senam massal usai pemeriksaan kesehatan.

Lurah Negeri Baru, Syarifuudin Nasution kepada wartawan mengatakan, Posyandu Lansia ini dikoordinir Bidan Pustu bersama Puskesmas Negeri Lama dan dibantu kader-kader Posyandu yang dibina Bidan Desa (Bindes), istri Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling).

“Tujuannnya agar masyarakat yang sudah lansia tetap rutin ke Posyandu Lansia mencek kesehatan dan pemeriksaan mata,” sebutnya.

Pelayanan Posyandu Lansia  ini untuk usia 50 tahun ke atas di Kelurahan Negeri Baru meliputi Lingkungan Bangun Rejo dan Lingkungan Bangun Sari II jumlahnya ratusan orang. Sementra Lingkungan yang lain akan menyusul dan sudah diprogramkan.

“Saya juga akan memberikan hadiah sebagai motivasi kepada orang tua Lansia yang rutin ke Posyandu Lansia setahun sekali dalam bentuk barang atau pakaian. Jika kita temukan penyakit, Bindes akan membantunya sampai dilengkapi surat rujukan,” ungkap Syarifuddin.

Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama, Sar’i didampingi Kepling Bangun Sari II, Ngatiman menyampaikan kepada wartawan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Kelurahan Negeri Baru, Bindes dan Puskesmas yang turut memperhatikan para orang tua Lansia.

Bahkan jika ada temuan penyakit langsung dirujuk ke Rumah Sakit (RS), seperti ditemukan enyakit mata seperti katarak difasilitasi untuk operasi. Semuanya untuk membantu masyarakat baik kalangan atas atau bawah di Posyandu Lansia.

“Semoga Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dapat menjalankan program Posyandu Lansia ini sampai ke seluruh Desa di Bilah Hilir. Kegiatan Posyandu Lansia ini tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 seperti menggunakan masker dan cuci tangan,” terang Ngatiman. (Sofyan)