Razia Masker di Beringin, ada Warga Tak Hapal Teks Pancasila

Warga menjalani hukuman push up akibat tak memakai masker.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Puluhan warga dan masyarakat terjaring razia masker yang digelar Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (17/9/2020).

Razia yang melibatkan pegawai Puskesmas Araskabu itu dilaksanakan di Pekanan Pasar Sore Desa Pasar VI Kualanamu, Kecamatan Beringin. Forkopimcam langsung memberikan hukuman atau sanksi sosial bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker di pekanan.

Mereka memberikan hukuman push up bagi laki-laki dan menghapal teks Pancasila bagi wanita. Ironisnya, masih banyak warga tak hapal teks Pancasila saat dihukum.

Ketua Tim Razia, Iskandar Sayuti Siregar selaku Sekretaris Camat (Sekcam) Beringin mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah atasan kepada pihakhya untuk melaksanakan Peraturan Bupati (Perbup) Deli Serdang Nomor 77 Tahun 2020.

“Kita ketahui penyebaran Covid-19 atau Virus Corona terus bertambah. Karena itu coba kita tekan angka penyebaran itu dengan meningkatkan protokol kesehatan di seluruh wilayah Kecamatan Beringin melalui razia masker,” sebutnya.

Iskandar menuturkan, pada razia itu apabila kedapatan tidak memakai masker langsung diberikan sanksi atau hukuman antara lain, push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menghapal teks Pancasila dan membersihkan jalan ini.

“Razia ini terus kami lakukan agar masyarakat sadar kesehatannya dan tetap memakai masker bila keluar rumah,” paparnya.

Sementara itu Kapolsek Beringin, AKP MKL Tobing menghimbau kepada warga untuk terus memakai masker apaila keluar rumah, karena meihat Virus Corona bukan berkurang, bahkan bertambah.

Hal senada disampaikan Sertu Junaidi dari Koramil 23/Beringin. “Kami siap bekerja sama dengan Forkopimcam lainnya untuk menegakan Perbup Nomor 77 Tahun 2020,” paparnya. (Idris)