Rektor USI Apresiasi Tingginya Partisipasi Pemilih di Pemilu 2019 

Rektor Universitas Simalungun, Corry Purba (ist)

Siantar, Lintangnews.com | Tingginya partisipasi masyarakat Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak yang berlangsung 17 April 2019 kemarin mendapat apresiasi.

“Partisipasi masyarakat cukup tinggi pada Pemilu 2019 dan yang kami dengar sekitar 81, sekian persen untuk Kota Siantar. Terima kasih buat masyarakat yang telah memberikan hak politiknya dengan datang berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” sebut Rektor Universitas Simalungun (USI) Corry Purba saat ditemui di Biro Rektor USI, Senin (13/5/2019).

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kekondusifan sampai pleno penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya pada tanggal 22 Mei 2019.

“Jangan ada yang mau terprovokasi. Jika ada yang keberatan, kan sudah jelas jalurnya, kita tunggu saja keputusan KPU,” terang mantan Wakil Rektor III ini.

Corry Purba juga turut mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat TPS sampai ke Kabupaten, Kota. Baik itu KPUD dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Siantar.

Mantan Dekan FKIP USI ini juga turut ucapkan selamat bagi alumni USI yang berpeluang besar duduk menjadi anggota DPRD Siantar maupun Simalungun.

“Dari informasi yang kita peroleh, Ada beberapa orang alumni USI menurut penghitungan sementara KPU yang diprediksi akan duduk di kursi DPRD Siantar dan Simalungun periode 2019-2024. Kita sampaikan selamat kepada mereka. Namun pernyataan ini tetap menunggu pleno KPU nantinya,” tutup Rektor.

Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani dikonfirmasi terpisah menyampaikan, partisipasi masyarakat pemilih pada Pemilu Serentak 2019 di Kota Siantar melebihi target pihaknya.

“Partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019, mencapai 81,2 persen. Sedangkan target KPUD sebesar 77,5 persen,” tandasnya. (elisbet)