Reses Kedua, Ini Aspirasi Warga Buat Frans Herbert Siahaan

Anggota DPRD Siantar, Frans Herbert Siahaan saat melakukan reses.

Siantar, Lintangnews.com | Anggota DPRD Kota Siantar, Frans Herbert Siahaan laksanakan reses masa sidang kedua di Si Abal-abal, Kelurahan BP Nauli, Kecamatan Marihat Kota Siantar, Sabtu (2/2/2019) sore.

Anggota Komisi II DPRD Siantar ini terjun ke Daerah Pemilihan (Dapil) nya dan berbincang-bincang dengan puluhan warga yang juga konstituennya.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Siantar ini mendengar langsung aspirasi serta keluhan yang disampaikan warga dalam sesi tanya jawab.

Salah seorang warga, Radone Simarmata menyampaikan keluhan tentang sistim zonasi sekolah di Kota Siantar. Radone menilai, regulasi itu berdampak kepada para pelajar yang ingin mengenyam sekolah yang didambakan.

“Ada anak-anak yang punya potensi dan sangat berminat masuk ke sekolah yang disukai. Tapi terhambat karena zonasi. Kami mohon supaya ini diperhatikan,” kata Simarmata.

Dalam sesi tanya jawab ini, Frans Herbert Siahaan menjelaskan, pendidikan merupakan salah satu poin penting yang diperjuangkan oleh Partai NasDem.

Ia juga mengakui adanya Permendikbud yang mengatur tentang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun 2018. Ia menilai, regulasi tersebut belum sepenuhnya layak diterapkan di Siantar. Mengingat jumlah sekolah dan lokasi belum mendukung.

Frans Herbert Siahaan saat menerima aspirasi warga.

Menurut Frans Herbet, persoalan ini sudah disampaikan kepada Pemko Siantar melalui DPRD Siantar.

“Sebenarnya zonasi itu belum layak dijalankan. Karena di Siantar belum ada sekolah di masing-masing Kecamatan. Bahkan, jika ini diterapkan justru dapat merugikan para anak-anak sekolah,” ucap Ketua Fraksi NasDem ini.

Aspirasi warga terkait zonasi sekolah ini menjadi salah satu catatan dalam reses. Frans Herbert mengungkapkan, dalam waktu dekat ini akan kembali menyuarakan hal itu dalam rapat-rapat dewan.

“Di Kecamatan Siantar Marihat dan Siantar Marimbun harus ada sekolah negeri. Ini poin penting yang sedang kita perjuangkan. Supaya pemerintah buat sekolah dibuat di tiap kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, Frans Herbet juga mencatat beberapa poin penting aspirasi warga di BP Nauli. Antara lain, penerima program bantuan sosial dari pemerintah, serta pembangunan infastruktur di Kelurahan.

“Saya siap hadir dan mendukung kegiatan warga di Kelurahan BP Nauli. Mari kita bersama-sama dengan pemerintah membangun kelurahan ini,” ucapnya.

Turut hadir dalam reses ini, Lurah BP Nauli, Bungaran Togatorop, Edi Pangaribuan dari Dinas Sosial (Dinsos) Siantar, Sekretaris NasDem Siantar Fernando Sitorus, RT dan warga setempat. (elisbet)