Rismon Sirait Kenalkan Budaya Batak di Pesta Demokrasi

Rismon Raja Mangatur Sirait mengenakan pakaian adat Batak saat berada di TPS.

Tobasa, Lintangnews.com | Rismon Raja Mangatur Sirait, salah seorang budayawan Batak mengungkapkan rasa bangga di pesta demokrasi dengan mengenakan pakaian adat Batak, pada Rabu (17/4/2019) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Dusun 2 Lumban Sirait Dolok, Desa Pardomuan, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Rismon saat dihubungi melalui telepon selular, Kamis (18/4/2019) menuturkan, dirinya harus menunjukkan jati diri budaya Batak yang kaya dan telah dikenal dengan ulosnya.

“Dengan mengenakan pakaian adat Batak di pesta demokrasi, suatu bentuk ungkapan saya, bahwa keberagaman yang ada di Indonesia bersatu melakukan suatu pesta,” sebutnya.

Dia menuturkan, pesta itu sebagai demokrasi rakyat dalam menentukan siapa pemimpin bangsa ini, untuk mensejahterakan rakyat dalam pembangunan 5 tahun ke depan.

Sebagai seorang budayawan, Rismon menuturkan, yang dilakukannya menjadi inspirasi kepada generasi muda, supaya lebih mencintai budaya Batak. Ini termasuk untuk memajukan obyek wisata di kawasan Danau Toba, khususnya Kabupaten Tobasa yang sudah menjadi kawasan wisata prioritas.

“Dengan memperkenalkan budaya Batak, yang sudah dikenal dengan kekayaaan budayanya tentu akan menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang. Dampaknya ekonomi masyarakat sekitaran Danau Toba akan meningkat,” ucap Rismon. (asri)