Anthon Sihombing : Ada Caleg Dapil Sumut III Berupaya Manipulasi C1 Plano

Anthon Sihombing.

Siantar, Lintangnews.com | Pemungutan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) telah berakhir. Meskipun belum resmi diumumkan siapa pemenangnya.

Namun potensi perubahan data jumlah perolehan suara itu rawan dimanipulasi. Hal itu disampaikan anggota DPR-RI Anthon Sihombing kepada wartawan di Kota Siantar, Kamis (18/4/2019).

Anthon yang kembali maju sebagai calon anggota DPR-RI itu mengatakan, rekapitulasi suara berdasarkan C1 Plano hingga Kamis (18/4/2019) siang belum seluruhnya masuk ke tabulasi data miliknya. Ini mengingat perhitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masih berlangsung hingga pukul 04.00 WIB.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, di tengah suasana Pemilihan Umum (Pemilu) yang riuh, damai dan menggembirakan, ada oknum Caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut III berupaya mempengaruhi penyelenggara Pemilu di setiap tingkatan untuk merubah perolehan suara berdasarkan C1 Plano.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan bahwa pelaksanaan Pemilu berjalan damai. Kita apresiasi penyelenggara Pemilu yang maksimal bekerja. Namun, ada oknum caleg yang berupaya merubah suaranya,” ujar Anthon.

Hanya saja Anthon enggan menjelaskan siapa Caleg yang dimaksud. Menurutnya, oknum Caleg itu dan Tim Sukses (TS) nya mencoba-coba merubah data di C1 Plano. Ini termasuk mempengaruhi penyelenggara Pemilu.

“Modusnya, C1 Plano diotak-atik. Seolah-olah suara Caleg itu banyak,” kata Anthon.

Bagi Anthon, Caleg yang ambisius jadi anggota DPR dengan cara-cara yang tak beradab akan membahayakan demokrasi dan melukai hati dan perasan masyarakat.

Dirinya mengharapkan, penyelenggara Pemilu tetap bekerja sesuai dengan aturan dan tidak terpengaruh bujukan dan iming-iming dari Caleg tertentu.

Apabila kemudian hari ditemukan perubahan atau penggelembungan suara, Anthon menegaskan akan melaporkan oknum penyelenggara ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan aparat hukum.

Anthon juga mengklaim telah mendapatkan puluhan ribu suara dari 10 Kabupaten/Kota Dapil Sumut III. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu, TNI/Polri dan masyarakat yang telah berperan aktif mensukseskan Pemilu 2019. (red)