RSUD Tuan Rondahaim Pindah ke Batu 20, Pelayanan BPJS Kesehatan Diberhentikan

Kabid PMR, Chandra Istanti dan Kasi PMR, Korri Manurung.

Simalungun, Lintangnews.com | Ulah Bupati Simalungun, JR Saragih memindahkan RSUD Tuan Rondahaim dari komplek perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Simalungun ke Batu 20, Kecamatan Panombeian Panei, memicu pelayanan BPJS Kesehatan diberhentikan.

Aksi semau perut orang nomor 1 sejajaran Pemkab Simalungun itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara anggota komisi IV DPRD Simalungun dengan perwakilan BPJS Kesehatan. Dihadiri Kabid PMR, Chandra Istanti dan Kasi PMR, Korri Manurung bersama pihak RSUD Tuan Rondahaim.

Ketua komisi IV DPRD Simalungun, Binton Tindaon saat dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan, membenarkan pelayanan BPJS Kesehatan untuk pasien sakit diberhentikan buntut dari dipindahkannya RSUD Tuan Rondahaim ke Batu 20.

“Sejak dipindahkan ke Batu 20 itu lah diberhentikan. Sudah ada sebulan, karena tidak sesuai dengan alamat. Jadi, RSUD Tuan Rondahaim harus disesuaikan duluan administrasinya,” kata Binton Tindaon, Rabu (13/1/2021).

Menurut Binton, penjelasan dari perwakilan BPJS Kesehatan, pelayanan (klaim) diberhentikan karena RSUD Tuan Rondahaim dipindahkan mengacu kepada Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan).

“Karena peraturan yang mereka maksud, tidak bisa diklaim. Makanya, itu tadi saya sampaikan, diberikan kelonggaran, dibuat surat kerja sama berisikan poin-poin. Bilamana di kemudian hari tidak dipenuhi poin tersebut, jangan diklaim,” papar Binton.

Dia menjelaskan, anggaran untuk BPJS Kesehatan, terkhusus bagi masyarakat Simalungun ada ditampung dalam APBD Simalungun Tahun Anggaran (TA) 2021.

“Ada. Itu untuk membayar kepentingan sakit yang tidak bisa dihentikan,” jelas Binton sembari mengatakan, pada RDP juga disampaikan, jangan karena peraturan, BPJS Kesehatan dihentikan, sementara sakit tidak bisa ditunda.

Terpisah, Kabid PMR BPJS Kesehatan, Chandra Istanti didampingi Korri Manurung mengatakan, sebenarnya RSUD Tuan Rondahaim sedang melengkapi administrasinya.

“Bukan diberhentikan. Tetapi, untuk pelayanannya, bisa lanjut sesuai dengan regulasi yang berlaku. Maka, RSUD Tuan Rondahaim saat ini, sedang melengkapi administrasinya, sesuai dengan alamat yang sekarang,” ucap keduanya. (Zai)