Rutan Kelas I Medan Sukseskan Penyuntikan Vaksin Covid-19

Medan, Lintangnews.com | Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I B Kota Medan dan mensukseskan program vaksinasi, seluruh petugas mengikuti penyuntikan Vaksin Sinovac dosis pertama, Rabu (31/3/2021).

“Bekerja sama dengan Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), seluruh petugas Rutan melaksanakan vaksinasi. Hal ini sesuai dengan instruksi Dirjenpas melalui surat Dirjen Pemasyarakatan perihal Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Petugas Pemasyarakatan yang bekerjasama dengan pemerintah daerah,” sebut Kepala Rutan (Karutan), Theo Adrianus Purba.

Menurutnya, para petugas Rutan menjadi prioritas penerima vaksin, karena merupakan pelayan publik yang bersinggungan dengan masyarakat luas. Tidak hanya itu, sering terjadinya klaster Rutan juga menjadi pertimbangan Pemko Medan melakukan vaksinasi terhadap petugas.

Sebelumnya, mantan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Tebingtinggi ini memberikan pengarahan kepada seluruh petugas yang akan divaksin.

Ada pun tahapan pelaksanaan vaksinasi dimulai dengan verifikasi atau pengecekan data diri. Selanjutnya pelaksanaan skrining kesehatan individu yang akan divaksin meliputi pengecekan suhu dan pengukuran tekanan darah.

Jika dari semua tahapan skrining dinyatakan layak oleh petugas medis, maka individu dapat diberikan vaksin.

Theo menuturkan, vaksin pertama diberikan kepada 225 orang petugas Rutan. Dirinya mengapresiasi kerja sama yang baik antara Rutan Kelas I Medan dengan Dinkes Pemko Medan. (Purba)