Rutan Tarutung Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Para pegawai Rutan Tarutung usai mengikuti upacara Hari Pahlawan Tahun 2021.

Taput, Lintangnews.com | Bertempat di lapangan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tarutung, upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 dengan tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ diikuti seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (10/11/2021).

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja pada setiap tanggal 10 Nopember. Namun lebih dari itu bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya,” sebut Kepala Rutan (Karutan), Leonard Silalahi.

Sambung Leord, apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi semua pihak untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka saat ini berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” paparnya.

Karutan menyampaikan, melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, diharapkan juga dapat turut berpartipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan (prokes).

“Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2021 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain. Juga mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” sebut Leonard.

Dia juga mengajak, agar semangat dan nilai- nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di dalam setiap langkah kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Sapta kepada 4 orang pegawai atas pengabdian 10 tahun, 20 tahun dan pengandian 30 tahun masa kerja.

“Dengan adanya penghargaan ini semakin memacu semangat untuk melaksanakan pengabdian dalam bekerja di Rutan Tarutung,” papar Karutan. (Purba)