Safari Ramadhan, Bupati dan Wabup Asahan Sampaikan Surat Edaran Mendagri

Bupati Asahan, Surya menyampaikan sambutannya pada kegiatan Safari Ramadhan.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya dan Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin Siregar melakukan Safari Ramadhan khusus di Masjid Al Majid Desa Padang Sari, Kecamatan Tinggi Raja, Rabu (6/5/2021) malam.

Camat Tinggi Raja, Ahmad Saipul Parlagutan Pasaribu menyampaikan, merasa bangga karena dari 25 Kecamatan, daerah yang dipimpinnya menjadi salah satu Kecamatan dikunjungi Pemkab Asahan dalam kegiatan dalam Safari Ramadhan.

Dirinya berharap, Pemkab Asahan dapat membantu pembangunan SMK Nengeri 1 Tinggi Raja, dengan cara memberikan usulan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

“Semoga dengan usulan yang disampaikan Pemkab Asahan kepada Pemprovsu, pembangunan SMK itu dapat terealisasikan,” ucapnya.

Sebelumnya Bupati Asahan dan Wakil Bupati Asahan menyerahkan bantuan kepada Ketua BKM Masjid Al Masjid, berupa uang tunai serta cinderamata, termasuk santunan pada anak yatim dan kaum dhuafa.

Surya menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan selama Bulan Suci Ramadhan, tidak berkumpul atau berkerumun untuk urusan yang tak perlu. Selain itu, tidak melakukan konvoi atau pawai dan takbir keliling di jalan-jalan.

Kepada BKM, Bupati berpesan agar selalu melaksanakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, seperti lantai Masjid yang sudah steril, jamaah memakai masker dan menyiapkan cuci tangan.

“Diharapkan jamaah membawa sajadah sendiri sebagai alas tambahan, mempersingkat waktu taushiyah, Sholat Tarawih dan Tadarus, serta amaliyah-amaliyah lainnya dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat,” sebut Surya.

Bupati juga menjelaskan, pelaksanaan Safari Ramadhan kali ini berbeda dengan sebelumnya, pasca keluarnya surat edaran Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor: 800/2784/SJ tentang Larangan Berbuka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Kegiatan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Pasalnya pelaksanaan Safari Ramadhan yang dilaksanakan Pemkab Asahan kali ini tidak disertai dengan berbuka puasa bersama.

“Kita hanya melaksanakan Sholat Isya dilanjutkan dengan Sholat Taraweh berjamaah, serta Tausiah, tentunya dengan tetap menerapkan prokes,” tegas Surya.

Terkait harapan masyarakat tentang pembangunan SMK Negeri I Tinggi Raja, Surya mengatakan, akan mendukung dan mengusulkan kepada Pemprovsu agar dapat direalisasikan, walaupun secara khusus SMK tidak lagi wewenang pemerintah daerah. (Heru)