Indotel Jalan Merdeka Siantar Bantah Adakan MoU Pengadaan HP Pangulu

Toko handphone Indotel di Jalan Merdeka Kota Siantar.

Simalungun, Lintangnews.com | Dinas Pemberdayaan Maujana dan Pemerintah Nagori (PMPN) Pemkab Simalungun disebut memperbolehkan rencana 386 orang Pangulu melaksanakan pengadaan handphone (HP) sebanyak 3 unit minimal dan maksimal 5 unit setiap Nagori.

“Bukan diarahkan, tetapi boleh katanya (Dinas PMPN Simalungun),” sebut salah seorang Pangulu dari salah satu Kecamatan saat ditemui di seputaran Karang Sari, Rabu (4/5/2021).

Untuk pembelian HP, dikatakan nantinya melalui masing-masing Koordinator Pangulu agar dalam satu Kecamatan semuanya sama dan dana desa saat ini banyak ke pemberdayaan.

“Kalau kami begitu satu Kecamatan supaya semua sama, koordinator nanti itu,” ungkapnya, sembari mengaku belum melaksanakan pengadaan HP.

Sementara itu, salah seorang sumber melalui telepon seluler menyampaikan, pasca terungkapnya rencana 386 Pangulu melaksanakan pengadaan HP Dinas PMPN Simalungun gelisah dan mencari tau siapa pembocornya.

“Dari Dinas PMPN Simalungun langsung gelisah dan mencari tau siapa oknum Pendamping Desa yang membocorkannya,” ucap sumber yang juga Pendamping Desa yang bertugas di salah satu Kecamatan itu.

Selain itu, jika pengadaan terlaksana nantinya untuk pembelian HP, 386 Pangulu diduga diarahkan ke salah satu toko telepon seluler (ponsel) di Jalan Merdeka, Kota Siantar.

“Diarahkan ke Indotel para Pangulu untuk pembelian HP nya. Cari lah di Jalan Merdeka, tanya langsung. Karena ada fee (case back) makanya diarahkan ke situ,” beber sumber.

Sedangkan, seorang perempuan berkulit putih saat ditemui di Indotel mengatakan, tidak ada menerima orderan.

“Memang ada datang, menanyakan harga kalau mengambil HP di sini. Kami bilang harganya sesuai list,” katanya, sembari mengaku, tak tau apakah yang datang bertanya masalah harga itu dari Pemkab Simalungun atau tidak.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Nagori Dinas PMPN, Robert Kennedy Silalahi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/5/2021) kemarin membenarkan Pemerintah Nagori (Pemnag) akan melakukan pengadaan HP.

“Maksimum 3 unit lah setiap Nagori. Tergantung mereka lah. Ada yang 2 dan 3 unit. Kita hanya meneken (menandatangani) usulannya saja. Terserah mereka lah. Mana lah kita campuri sampai kesitu. Pokoknya yang terbaru lah,” ucapnya.

Saat ditanya, berapa besar anggaran setiap Nagori untuk pembelian 1 unit HP, Kennedy justru balik bertanya. “Berapa sekarang harga HP?,” tanya Kennedy seraya menuturkan, ada harga Rp 10 juta dan survei telah dilakukan Pemnag.

Kembali ditanya berapa total dana pembelian 3 unit HP yang dilakukan 386 Nagori, Kennedy kembali bilang agar dikalikan saja. “Tinggal mengkalikan lah. Kan mereka yang menganggarkan,” jawabnya.

Kennedy mengaku, 386 Nagori di Kabupaten Simalungun melakukan pengadaan HP dalam rangka estijis dan mengacu pada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 13 Tahun 2020. (Zai)

Toko handphone Indotel di Jalan Merdeka Kota Siantar.