Sambut HUT TNI ke 73, Kodim 0208/Asahan Gelar Pemasangan Kontab di Batubara

Dandim 0208/Asahan Letkol Arm Suhono bersama Danramil se Kabupaten Batubara foto bersama dengan tenaga medis dan peserta MOW.

Batubara, Lintangnews.com | Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 73, Kodim 0208/Asahan gelar bakti sosial berupa pemasangan kontrasepsi mantap (kontap) dan Medis Operasi Wanita (MOW).

Kegiatan bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Pemkab Batubara itu berlangsung di Rumah Sakit (RS) PT Inalum, Perumahan Tanjung Gading, Kelurahan Perkebunan Sipare-pare, Kecamatan Sei Suka, Sabtu (29/9/2018).

Kegiatan itu mengangkat thema ‘Melalui Kegiatan KB Kesehatan, Kita Wujudkan Sinegritas antara TNI, Pemerintah dan PPKB Dalam Usaha peningkatan kualitas kesehatan guna meningkatkan taraf Hidup dan kesejahteraan Masyarakat di Daerah’.

Dandim 0208/Asahan, Letkol Arm Suhono dalam sambutannya mengatakan, kerjasama revitalisasi program kesehatan antara BKKBN dengan TNI itu mulai dicanangkan sejak tahun 2010 lalu. Ini merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritaskan Pembangunan Nasional Tahun 2010.

Menurut Dandim, salah satu prioritas Inpres itu adalah pelaksanaan program KB Kes dan peningkatan intensitas pelayanan KB bagi masyarakat berpendapatan rendah.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengingatkan kita akan pentingnya pengendalian penduduk melalui perwujudan keluarga kecil bahagia dan sejahtera, serta terjadi kesinambungan antara jumlah penduduk dengan sumber daya serta alam lingkungannya,” ujar Suhono.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kadis PPKB Batubara, Budianto, Pasi Terdim 0208/Asahan, Kapten Arm Viktor B Hutagaol, Danramil 01/Medang Deras, Kapten Inf Sangkot Purba, Danramil 02/Air Putir, Kapt Inf JR Sinaga, Danramil 04/Talawi, Kapten Inf Zulfan Ibrahim, Danramil 05/Tanjung Tiram, Kapten Inf Nazaruddin Panjaitan, para Bidan Desa (Bindes) se Kabupaten Batubara, peserta kontap serta ratusan masyarakat. (welas)