Sanggam Siahaan Dilantik Jadi Rektor UHN Siantar

Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing saat melantik Sanggam Siahaan menjadi Rektor UHN Siantar periode 2018-2022.

Siantar, Lintangnews.com | Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing melantik Sanggam Siahaan menjadi Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) Kota Siantar periode 2018-2022, Selasa (11/12/2018) bertempat di Gereja HKBP Siantar Kota Jalan Sangnaualuh No 6.

Pada pelantikan itu, Ephorus didampingi Sekjen HKBP, Pdt David F Sibuea, Kadep Koinonia HKBP, Pdt Martongo Sitinjak, Ketua Pengurus Yayasan UHN, Nurdin Tampubolon, Ketua Dewan Pengawas, Manerep Pasaribu beserta pengurus lainnya.

Acara yang dilaksanakan dalam ibadah itu dipimpin Pdt Martongo Sitinjak sebagai Liturgist, Pdt David Sibuea Pengkhotbah dan doa syafaat dibawakan Pdt Same Siahaan.

Dalam khotbahnya, Pdt David Sibuea menyampaikan, ini hari yang bersejarah bagi HKBP dan bagi UHN karena hari ini Rektor pertama akan dilantik. Pelantikan Rektor, menurutnya suatu momen diberikannya kepercayaan. Ini sebagaimana setiap orang juga diberikan kepercayaan menurut talenta masing-masing.

Pada pelantikan itu juga dilaksanakan serah terima jabatan dari Plt Rektor, Haposan Siallagan kepada Rektor yang defenitif, Sanggam Siahaan. Dilanjutkan pengambilan atau pengucapan janji jabatan dan pembacaan fakta integritas Rektor.

Wali Kota Siantar, Hefriansyah yang diwakili Asisten II, M Akhir Harahap menyampaikan harapannya agar UHN dengan Rektor yang baru dapat terus meningkatkan kualitas dan mutu universitas. Ini agar lulusannnya dapat bersaing di era globalisasi, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat.

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I, Mahriyuni, dalam sambutannya meminta Rektor yang dilantik agar menjalankan program dengan tetap menjaga, dan menumbuhkembangkan suasana kampus kondusif, disertai karya-karya penelitian dan inovasi-inovasi yang diperlukan dalam akreditasi Program Studi dan Institusi sesuai amanat Undang-Undang dan Peraturan tentang Akreditasi.

Sementara Nurdin Tambupolon menyampaikan, kesiapan Yayasan untuk bekerjasama dengan Rektor dan seluruh Civitas Akademika dalam mewujudkan UHN sebagai universitas yang inggul dan berdaya saing.

Ephorus HKBP dalam bimbingan pastoralnya menekankan agar di bawah kepemimpinan Rektor yang baru, UHN harus menjadi alat pembaharuan di tengah-tengah bangsa dan pembaharu pendidikan di HKBP.

“Ini seperti Nommensen yang membawa pembaharuan ke tanah Batak melalui pendidikan dan Martin Luther melakukan reformasi teologis. Saya yakin UHN dapat mewujudkannya, karena sejak awal pendiriannya, jemaat antusias mendukung dan berdoa untuk kesuksesannya,” sebut Ephorus. (elisbet)