Sat Reskrim Polres Simalungun Ringkus 5 Pelaku Pencurian dan Penadah

Barang bukti becak sepeda motor dan mesin genset yang diamankan dari para pelaku.

Simalungun, Lintangnews.com | Satuan Reskrim Polres Simalungun berhasil mengamankan 5 orang pelaku pencurian mesin genset Okinawa 3.100 watt dan penadah.

Para pelaku yang diamankan yakni, Bistok Martuah Sagala (18), warga Huta V Nagori Purba, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Wahyu Gomong Susanto Sinaga (17) warga Huta Marubun Nagori Pematang Purba, Kecamatan Purba dan Kevin Van Ruinaldy Sitanggang (21) warga Perumahan Maranatha Jalaan Bukit Maratur, Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Siantar.

Lalu, Erwin Agustinus Rajagukguk (18) warga Dusun VI Desa Gempolan, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Rayudo Saragih alias Udo (29), warga Nagori Saribu Raya, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun.

Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedi Arifianto melalui Kasat Reskrim, AKP Rachmat Ariwibowo menuturkan, awalnya Rabu tanggal (1/9/2021) sekira pukul 11.00 WIB diamankan 2 orang pelaku yakni, Erwin Agustinus dan Kevin Van di perladangan di Tiga Runggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun karena aksinya mencurigakan.

“Keduanya mengakui telah melakukan pencurian 1 unit mesin genset dari dalam gubuk perladangan di Nagori Purba bersama 3 orang temannya, Bistok Martuah, Wahyu Gomong dan KS (belum tertangkap),” sebutnya, Kamis (9/9/2021).

Dari hasil penyelidikan, Tim Opsnal Jahtanras langsung melakukan pengejaran terhadap Bistok Martuah dan diamankan di Simpang Jalan Asahan-Jalan Rimba Raya, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar. Sementara Wahyu Gomong diamankan dari kos-kosan di Jalan Rimba Raya, Kelurahan Siopat Suhu.

Keempat pelaku yang diamankan mengakui, mesin genset dijual pada Rayudo Saragih. Pelaku berhasil diamankan dari kos-kosan di Jalan Renville, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar bersama bersama barang bukti mesin genset merk Okinawa 3.100 watt.

Selain itu, 2 orang pelaku yakni, Wahyu Gomong dan Erwin Agustinus juga mengakui, telah melakukan pencurian sepeda motor dari Jalan Simarjarunjung, Kelurahan Tigarunggu, Kecamatan Purba, Senin (16/8/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

“Menurut keduanya, 1 unit sepeda motor Honda Astrea Grand warna hitam sudah dimodifikasi menjadi becak barang dengan nomor polisi (nopol) BK 6904 TP dan  sudah dijual pada Rayudo Saragih,” jelas AKP Rachmat.

Saat ini para pelaku dan barang bukti telah diamankan ke Polres Simalungun untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut. (Rel/Zai)