Satgas Covid-19 Samosir Sosialisasikan PPKM di Tempat Hiburan Malam

Lokasi cafe yang didatangi Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir.

Samosir, Lintangnews.com | Mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir yang dipimpin langsung Bupati Vandiko Gultom bersama Kapolres, AKBP Josua Tampubolon melakukan sosialisasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa tempat hiburan malam di Jalan Ronggurnihuta, Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, Kamis (8/7/2021) malam.

Ada pun lokasi yang menjadi tujuan Tim Satgas Covid-19 yakni, Cafe Buni Buni dan Cafe Rindu Alam di Jalan Ronggur Nihuta.

Bupati menyampaikan, untuk menekan angka peningkatan kasus Covid-19 di Samosir dan mempedomani instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 17 Tahun 2021 tentang PPKM berbasis mikro, perlu mengingatkan agar tempat-tempat hiburan malam mengikuti jam operasional yang sudah ditetapkan.

“Saya akan mengeluarkan surat edaran untuk menutup sementara tempat-tempat hiburan malam dan kegiatan sosial masyarakat lainnya yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi terjadi penularan Covid-19,” paparnya.

Pada inspeksi mendadak (sidak) itu, Satgas Covid-19 menemukan musik yang masih menyala dan pengunjung hingga larut malam. Selain itu, masih ada pekerja yang tidak memakai masker serta wanita-wanita penghibur yang diakui pengelola dikoordinir oleh beberapa ‘mami’.

Bupati meminta Dinas Sosial (Dinsos) dan Satpol PP untuk melakukan pendataan terhadap para wanita penghibur tersebut. Juga meminta pengelola untuk memulangkan mereka ke daerah masing-masing.

Vandiko juga mengajak para pengunjung cafe untuk meninggalkan tempat dan kepada pengelola agar dapat mematuhi aturan demi kebaikan bersama.

“Ini akan tetap kami pantau. Jika masih melanggar, pemerintah akan menutup secara permanen,” tandasnya. (Tua)