Satu Hari Monitoring Bersama Kadisdik Taput dan Secangkir Teh Tarik  

Kegiatan monitoring ke sejumlah sekolah yang dilakukan pihak Dinas Pendidikan Pemkab Taput.

Taput, Lintangnews.com | Terobosan baru yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemkab Tapanuli Utara (Taput), Bottor Hutasoit perlu diacungkan jempol.

Pasalnya, orang nomor 1 di Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab Taput itu menjalin kerja sama bersama rekan-rekan wartawan, dengan cara mengajak bareng turun ke lokasi sekolah di daerah itu untuk monitoring kegiatan para guru di masa pandemi Covid-19.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa melihat bersama apa yang terjadi di sekitar sekolah dilakukan para guru, khususnya di masa pandemi yang masih berlanjut hingga saat ini.

Misalnya, apakah pihak sekolah atau para guru benar-benar merawat sekolahnya, atau ada pembiaran sekolah tidak terurus dan tak diperhatikan.

“Hal ini perlu rekan-rekan wartawan selaku mitra kerja kami mengetahui dengan transparan. Ini agar jangan ada saling menyalahkan di antara tugas kami dan para wartawan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya. Sehingga kita bersama-sama mengetahui apa dan siapa yang salah tanpa menyudutkan satu pihak,” papar Bontor.

Dia juga menambahkan, ketika menemukan kesalahan di salah satu sekolah apakah langsung menegur atau dibiarkan, pastinya memberikan teguran seperti yang dilakukan hari ini.

“Jadi ketika Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada rasa takut atau was-was kepada wartawan, itu menurut saya kurang tepat. Justru ketika kita bersama-sama turun ke lapangan, akan bisa merembuk mengambil solusi terbaik mengatasi suatu permasaahan ketika ada masalah atau yang salah,” paparnya.

“Itu saya rasa lebih indah arti kemitraan yang sesungguhnya,” ujar Bottor sambil meneguk secangkir teh tarik di salah satu warung di Kecamatan Parmonangan bersama para wartawan saat diajak monitoring ke Kecamatan Sipoholon dan Parmonangan.

Bottor menuturkan, akan melakukan hal yang sama bergiliran dengan wartawan lainnya di Taput, dengan tujuan utama menjalin silahturahmi. Menurutnya, monitoring bersama langsung turun ke lapangan dan kemungkinan meminta masukan dari wartawan, yang bertujuan demi kemajuan pendidikan di Taput. (Gihon)