Sejumlah Bank di Siantar Dinilai Belum Serius Antisipasi Penyebaran Covid-19

Ferry SP Sinamo dan Astronout Nainggolan anggota DPRD Siantar Fraksi PDI- Perjuangan saat meninjau salah satu bank.

Siantar, Lintangnews.com | Sebagai tempat yang berpotensi untuk menyebarkan virus tersebut, seluruh bank di Siantar diminta untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dan antiseptik di seluruh Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Sebelum masuk dan setelah keluar, wajib cuci tangan, karena ATM kita nilai sebagai tempat didatangi sampai ratusan orang per hari. Jika satu orang saja yang terjangkit, maka dipastikan akan banyak tertular,” sebut Ferry SP Sinamo bersama Astronout Nainggolan anggota DPRD Siantar dari Fraksi PDI Perjuangan saat meninjau sejumlah bank di Siantar, Rabu (8/4/2020).

Ferry meminta pihak bank tetap mematuhi aturan pemerintah. Kesadaran masyarakat, menurutnya juga harus dibangun dalam mencegah wabah Covid-19 atau Virus Corona tersebut.

“Pihak bank diminta siapkan petugas yang tetap menghimbau masyarakat untuk tetap mencuci tangan, baik itu masuk atau keluar dari ATM,” tutur Wakil Ketua Komisi II DPRD Siantar ini.

Sementara itu, Astronout Nainggolan menyampaikan, agar seluruh bank di Siantar bersama-sama untuk memerangi Covid-19, dengan menyediakan sarana pencucian tangan dan anti septik.

“Kita hadir kesini, sebagai rasa kepedulian. Disini kita hadir mengingatkan seluruh bank di Siantar untuk lakukan pencegahan dengan menyediakan cuci tangan dan anti septik. Yakinlah kita, ATM tempat menyebar masif Covid-19, dengan ratusan warga yang datang. Mari sama-sama memerangi virus tersebut, kita jangan terlambat,” tutur anggota Komisi III DPRD Siantar ini.

Amatan wartawan, sejumlah bank di Siantar belum serius menghimbau masyarakat untuk mencuci tangannya. Tampak sejumlah warga yang masuk ke ATM dibiarkan tanpa mencuci tangannya. Namun ketika ditegur, baru lah petugas security bank meminta warga untuk mencuci tangannya.

Wahyu Binuko selaku Kepala Area Bank Mandiri Siantar menuturkan, untuk di Siantar ada 120 unit ATM. Untuk kantor cabang, pihaknya sudah membagi wastafel.

“Untuk di publik area, kita usahakan memakai anti septik. Kita juga tetap mengikuti himbauan pemerintah agar memakai masker. Kedepannya kita sedang mengusahakan bagi masyarakat yang kebetulan tak memakai masker karena ketinggalan atau belum punya, kita upayakan memberikan,” terangnya.

Ada sejumlah bank yang ditinjau oleh  anggota DPRD Siantar Fraksi PDI-Perjuangan ini, seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BCA. (Elisbet)