Sekolah Pascasarjana USI Membuka Prodi Magister Pendidikan IPS

Rektor USI, Corry Purba bersama Tiar Turnip selaku Kepala Dinas Pendidikan Samosir usai penandatanganan MoU.

Siantar, Lintangnews.com | Sekolah Pascasarjana Universitas Simalungun (USI), secara resmi telah membuka Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir dan Kota Siantar.

Seperti diketahui, USI melalui Rektor USI, Corry Purba telah menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Samosir, Tiar Turnip, Kadisdik Siantar, Rosmayana Marpaung dan Kadisdik Simalungun beberapa waktu lalu.

Direktur Sekolah Pascasarjana USI, Jef Rudiantho Saragih dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ulung Napitu mengatakan, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) dari BAN-PT Nomor : 9541/SK/BAN-PT/PB-PS/M/VII/2021 tentang Akreditasi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dengan peringkat akreditasi baik.

Dalam hal ini, Jef Rudiantho mengajak seluruh masyarakat lulusan Strata Satu (S1), terkhusus untuk yang ingin melanjutkan studi S2 di Sekolah Pascasarjana USI, bisa mengambil program studi Magister Pendidikan IPS.

“Sarana dan prasarana sangat memadai sesuai pengamatan di lapangan. Kita juga telah melakukan MoU antara Disdik Samosir dengan USI,” ujarnya.

Ditambahkan Ulung Napitu, USI merupakan program studi terlengkap di Kota Medan. “Dari pada jauh-jauh untuk berkuliah di luar kota mari para guru yang ingin memperdalam ilmunya dapat kuliah di Sekolah Pascasarjana USI, khususnya program studi pendidikan IPS dengan akreditasi baik,” sebutnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdik Siantar, Rosmayana Marpaung mengimbau masyarakat khususnya guru-guru di Siantar yang ingin melanjutkan studi S2, bisa bergabung dibuka program Magister Pendidikan IPS di Sekolah Pascasarjana USI.

“Tidak perlu jauh-jauh lagi ke Medan, karena sudah ada program studi IPS di USI,” tutur Rosmayana.

Sementara itu, Kadisdik Simalungun Elfiani Sitepu diwakili Parsaulian Sinaga, juga menyampaikan, USI adalah Universitas dengan program studi terlengkap di luar Medan.

Menurutnya, para guru di Kabupaten Simalungun yang ingin melanjutkan studi S2 dengan program studi IPS tidak perlu jauh-jauh lagi ke Medan, karena sudah ada di USI.

Sedangkan Kadisdik Samosir, Tiar Turnip juga menghimbau kepada para guru di Samosir dapat memperdalam ilmunya lagi khususnya program studi pendidikan IPS dapat melanjutkannya di USI.

“Kita juga telah melakukan MoU antara Disdik Samosir dengan USI. Dari pada jauh-jauh untuk kuliah di luar kota mari para guru yang ingin memperdalam ilmunya dapat kuliah di Sekolah Pascasarjana USI, khususnya program studi pendidikan IPS dengan akreditasi baik,” tandasnya. (Elisbet)