Semangat Hari Pahlawan, Kadispar Ajak Pemuda Tingkatkan Wisata Tobasa

Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus menjadi pembina upacara peringatan Hari Pahlawan.

Tobasa, Lintangnews.com | Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) diawali ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja, dilanjutkan upacara di Lapangan Sisingamangaraja Balige, Sabtu (10/11/2018).

Wakil Bupati, Hulman Sitorus menjadi Pembina Upacara pada peringatan Hari Pahlawan dengan tema ‘Semangat Pahlawan di Dadaku’.

Menurut Kadis Pariwisata (Kadispar) Pemkab Tobasa, Audi Murphy Sitorus menuturkan, dengan tema Hari Pahlawan kali ini dapat menanamkan rasa cinta kawula muda di daerah itu dalam meneruskan pembangunan khususnya pariwisata Tobasa.

“Dengan menekankan semangat juang pahlawan khususnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja kepada pemuda dan masyarakat Tobasa dengan mengetahui sejarah perjalanan pahlawan di Tapanuli Raya agar masyarakat dapat membuat cerita perjalanan pahlawannya untuk penyampaian cerita rakyat (workshop storytelling),” sebut Audi.

Caranya dengan penggalian sejarah cerita Raja Sisingamangaraja dalam memperjuangkan Negara Indonesia dari tangan penjajah dan kehidupannya serta apa kepercayaan juga mitosnya di Tanah Batak.

Para peserta upacara Hari Pahlawan di Tobasa.

Ditambahkan Audi, jika sejak dini masyarakat mengetahui dan memahami sejarah tentang Pahlawan Nasional bisa dijadikan sebuah nilai jual untuk pengembangan wisata kawasan Danau Toba khususnya di Tobasa.

“Sehingga dengan menghargai jasa pahlawan dan mengetahui ceritanya, menjadikan ciri khas wisata Danau Toba di Tobasa. Dengan demikian, peminat wisata merasa penasaran dan ingin mengetahui kehidupan perjalanan dan budaya apa kepercayaan yang dianut Raja Sisingamangaraja,” sebutnya.

Audi menuturkan, selanjutnya di benak setiap pengunjung wisata yang akan datang ke Kabupaten Tobasa, maka di memori mereka cerita rakyat menjadi hal yang ingin diketahui.

Selain itu, pemandu wisata akan terus berkreasi menggali sejarah perjuangan, sehingga menghasilkan pemandu wisata yang terus menggali dan meramu kreasi cerita rakyat untuk pembangunan Tobasa dalam peningkatan ekonomi, serta sebagai bentuk menghargai jasa pahlawan dalam pembangunan. (asri)