Serahkan e-KTP Pelajar di 2 SMA, Plt Bupati Asahan Ajak Gunakan Hak Pilih

Plt Bupati Asahan, Surya menyerahkan e-KTP para pelajar SMA. (heru/LN)

Asahan, Lintangnews.com | Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Asahan, Surya menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) kepada para siswa-siswi di SMA Negeri 2 Kisaran dan SMA Negeri 1 Air Batu, bertempat di aula sekolah masing-masing, Selasa, (3/9/2019).

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan  masing-masing Kepala Sekolah (Kepsek).

Dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Disdukcapil, Suprianto menuturkan, pihaknya menyerahkan e-KTP kepada para siswa-siswi di kedua sekolah sebanyak 124 e-KTP, terdiri dari 49 e-KTP di SMAN 2 Kisaran dan 75 e-KTP di SMAN 1 Air Batu.

“e-KTP ini merupakan program Disdukcapil diberi nama ‘Go to School’ dan memiliki tujuan untuk mensukseskan visi misi Pemkab Asahan. Kiranya para Kepsek turut mengarahkan para siswa-sisi melakukan perekaman di kantor Camat tempat mereka tinggal. Kepada UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dapat memberikan dispensasi kepada para pelajar yang ingin melakukan perekaman e-KTP,” ujar Suprianto.

Sementara Plt Bupati menuturkan, kegiatan yang dilakukan Pemkab Asahan pada hari ini merupakan salah satu program Nawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yakni pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat.

Surya berharap kepada para siswa-siswi yang telah menerima e-KTP dapat menjaga dengan sebaik-baiknya.

“Kita tau kegunaan e-KTP ini sebagai identitas diri. e-KTP juga berfungsi sebagai kelengkapan dalam pengurusan administrasi surat lainnya,” ujar Surya .

Plt Bupati juga berharap kepada para siswa-siswi dapat memberikan kontribusinya berupa hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Asahan yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2020 mendatang.

“Karena 1 hak suara dapat menentukan nasib pembangunan Kabupaten Asahan selama 5 tahun kedepannya,” ucap Surya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan e-KTP kepada para siswa-siswi yang diserahkan langsung oleh Plt Bupati dan undangan. (Heru)