Siantar Apakah Masuk Daerah yang Dilakukan Pelantikan 17 Februari?

Siantar, Lintangnews.com | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini belum menentukan jadwal pelantikan kepala daerah pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik berharap, agar 17 Februari semua kepala daerah terpilih sudah dilantik, kecuali yang masih bersengketa.

Sementara itu, terkait pemberhentian Wali Kota, Hefriansyah dan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus, DPRD Siantar sejauh ini belum menentukan agenda.

“Belum ditentukan,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Siantar, Eka Hendrawan, Senin (8/2/2021)

“Kemarin, kita sudah komunikasi. Sejauh ini masih menunggu arahan dari Kementerian,” tutupnya.
Dikutip dari Kompas.com, soal kepastian jadwal pelantikan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) masih mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

Soal teknis pelantikan, diwacanakan pelantikan kepala daerah secara virtual oleh Gubernur untuk menghindari kerumunan. Kepala daerah yang dilantik berada di balai kota masing-masing daerah, sementara Gubernur melantik dari tempat berbeda.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Siantar, Timbul Lingga ditemui usai rapat mengatakan, agenda rapat diubah hanya pengusulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. Sementara untuk pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota menunggu rapat selanjutnya.

“Inti paripurna saat ini pengusulan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. Untuk pemberhentian, silahkan pihak Kementerian. Mereka lah yang menyikapi,” katanya.

Untuk pengusulan, Ketua DPC PDI-Perjuangan Kota Siantar ini menerangkan, pihak Kemendagri memiliki batas waktu, yakni 14 hari kerja setelah pengusulan untuk menindak lanjuti. (Elisbet)