Siantar Masuk Nominasi Penerima Manggala Karya Kencana, Ini Persentase Ketua TP PKK  

Ketua Tim Penilai, Radiatun Adawiyah bersama Ketua TP PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Happy Oikumenis Daely dan Kadis P2KB, Rumondang Sinaga. 

Siantar, Lintangnews.com | Kota Siantar menjadi nominasi penerima Manggala Karya Kencana (MKK) bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Tim Penilai Pemberian Tanda Kehormatan MKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah turun ke Siantar, Rabu (11/3/2020). Kedatangan tim diterima Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Happy Oikumenis Daely bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB), Rumondang Sinaga di ruang rapat Serbaguna kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan (Bapppeda) Siantar.

Wali Kota, Hefriansyah dalam sambutannya yang dibacakan Happy Oikumenis mengatakan, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar karena Siantar masuk dalam nominasi penilaian MKK di bidang KKBPK.

Sebelumnya, Siantar juga telah meraih Manggala Karya Kencana pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26 tingkat nasional di Banjarmasin. Diharapkan, Pemko Siantar terus eksis dalam peningkatan berbagai pelayanan, terkhusus saat ini di bidang pelayanan Keluarga Berencana (KB).

“Perlu saya sampaikan, Pemko Siantar melalui Dinas P2KB akan senantiasa berkomitmen penuh mendukung program nasional dalam perkembangan program KB dan pembangunan keluarga sejahtera,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi keberadaan TP PKK Siantar yang turut berperan aktif dalam mendukung program KB dan peningkatan keluarga sejahtera.

“Teruslah berkarya, berikan yang terbaik buat warga Siantar. Seluruh pengurus PKK berbagai tingkatan beserta kader harus saling bahu-membahu memberikan yang terbaik, terkhusus pada saat ini mensukseskan program keluarga kecil bahagia di Siantar,” kata Hefriansyah.

Ketua Tim Penilai, Radiatun Adawiyah mengatakan, tujuan kedatangan mereka memberikan penilaian atas usulan Ketua TP PKK Siantar untuk penerimaan penghargaan MKK.

“Manggala Karya Kencana adalah penghargaan yang diberikan Kepala BKKBN kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota dan Ketua TP PKK atas kepedulian dalam mendukung dan membantu KKBPK. Penghargaan akan diberikan pada waktu momentum nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat mempresentasikan keberhasilan pihaknya dalam mendukung dan membantu program KKBPK.

Menurut Syahputri, dukungan diberikannya dalam memberhasilkan program KKBPK yaitu ikut memonitoring Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) yang dapat dikenal masyarakat, serta dapat diakses secara optimal.

Kemudian, ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan pencanangan Kampung KB pada tahun 2016 dan 2017 di delapan kecamatan. Lalu, terlibat langsung dalam kegiatan Kelompok Bina Keluarga Balita dengan melakukan pembinaan kepada ibu sasaran dan pengecekan pertumbuhan dan perkembangan kesehatan anak.

Selanjutnya, menjadi tuan rumah pada pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial TNI-KKBPK-Kes Tingkat Provinsi Sumut, memberi perhatian yang serius terhadap pelayanan KB Metode Operatif Wanita (MOW) dengan menghadiri langsung berbagai kegiatan pelayanan KB MOW di Rumah Sakit (RS) Tentara dan RSUD Djasamen Saragih.

“Kita juga memberikan perhatian yang serius pada pelayanan Safari KB, khususnya MOW dan Metode Operatif Pria (MOP), serta sebagai narasumber pada pembentukan grand design kependudukan Siantar,” sebut Syahputri. (Elisbet)