Sidak di Disdukcapil, Ini Janji Bupati Simalungun di Setiap Kecamatan

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan sidak di kantor Disdukcapil.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasihaolan Sinaga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat di Pematang Raya, Senin (11/10/2021).

Di kantor itu, Bupati berinteraksi langsung dengan masyarakat yang datang untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menanyakan apa masalah serta kendala dalam pengurusan administrasi kependudukan.

“Karena saya lihat melalui aplikasi WhastApp (WA), sangat mudah untuk mengadukan persoalan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan KTP. Mungkin hanya perlu sosialisasi agar masyarakat bisa faham dan mengerti soal digitalisasi. Dan kita minta masyarakat agar bersabar hati-hati,” kata Radiapoh.

“Kita akan bagikan di setiap Kecamatan alat perekam KTP. Jadi masyarakat tak perlu lagi ke Raya untuk mengurus KTP. Kita juga meminta agar Pangulu atak Kepala Desa (Kades) ikut mensosialisasikan aplikasi WA Disdukcapil untuk pengaduan,” tambah Bupati.

Sementara itu, Kadis Dukcapil, Jhon Risman Tuah Damanik menyampaikan layanan bisa dilakukan langsung ke WA, namun saat ini masih kekurangan personil.

“Kita butuh 3 orang per Kecamatan. Kasi Pemerintahan bisa diperdayakan dan dilatih untuk setiap Kecamatan,” kata Jhon. (Rel/Zai)